Search for collections on Undip Repository

PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK POND’S DI KOTA SEMARANG)

Putri, Jessica Novin Prananda (2023) PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK POND’S DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version

Download (491kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (741kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (481kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (190kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)

Abstract

Kecantikan telah menjadi suatu kebutuhan yang dapat diwujudkan dengan menggunakan produk perawatan. Dengan adanya kebutuhan kecantikan, menyebabkan persaingan produk perawatan semakin meningkat dan mengakibatkan pertumbuhan penjualan sabun muka dan pelembab Pond’s di beberapa toko kosmetik Kota Semarang menurun setiap tahunnya, khususnya pada tahun 2020-2021. Influencer marketing dan brand image diduga sebagai faktor yang dapat memengaruhi keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara influencer marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian produk sabun muka dan pelembab Pond’s di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode pengambilan accidental sampling dan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner di toko kosmetik yang mewakili wilayah Kota Semarang. Sampel pada penelitian berjumlah 100 responden yang merupakan konsumen pada toko kosmetik di Kota Semarang yang melakukan keputusan pembelian dan menggunakan produk sabun muka dan pelembab Pond’s. Penelitian ini menggunakan bantuan program Microsoft Excel dan SPSS for Windows version
26.0 yang digunakan untuk uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana dan berganda, dan uji signifikansi (uji t dan uji F).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel influencer marketing (X1) memiliki pengaruh secara positif dan signifikan parsial terhadap variabel keputusan pembelian (Y), kemudian variabel brand image (X2) memiliki pengaruh secara positif dan signifikan parsial terhadap variabel keputusan pembelian (Y), dan variabel influencer marketing (X1) dan variabel brand image (X2) secara simultan dapat memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Disarankan agar Pond’s menggunakan influencer yang memiliki keterkaitan di bidang kecantikan, mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan jujur mengenai produk Pond’s yang diulas, dan dapat menghasilkan konten yang kreatif dan menarik. Selanjutnya, menyusun konsep branding yang tepat dan aktif melakukan iklan di media sosial, memperhatikan produk yang masih tidak cocok untuk sebagian konsumen, dan menginovasikan produk sesuai dengan perkembangan kecantikan seperti menggunakan kandungan skincare yang banyak diminati saat ini.

Keywords: Influencer Marketing, Brand Image, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:25
Last Modified: 07 Jul 2023 04:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14342

Actions (login required)

View Item View Item