Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM OLEH DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KOTA SEMARANG

Ramadhanti, Aurora Latita Aulia (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM OLEH DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (833kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (756kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (330kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)

Abstract

Sebuah wabah virus Covid-19 menyerang negara Indonesia. Masuknya virus Covid-19 pada negara ini sangat mempengaruhi dan menimbulkan dampak pada segala sektor dalam tatanan hidup masyarakat seperti pada sektor UMKM. Adanya wabah tersebut mengakibatkan UMKM yang tersebar pada beberapa kecamatan di Kota Semarang mengalami penurunan omzet dan mengalami permasalahan. Permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM di Kota Semarang yaitu seperti permasalahan permodalan, permasalahan produksi, permasalahan pemasaran, dan permasaran lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang dalam mengatasi permasalahan yang terjadi pada UMKM dan menganalisis faktor-fakto pendorong dalam perencanaan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori dari Bryson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan UMKM dalam mengatasi permasalahan dengan menggunakan metode SWOT yaitu 1) menyediakan fasilitas atau fasilitasi pemasaran produk UMKM, 2) Pendampingan fasilitasi standarisasi produk UMKM, 3) Pemberian akses UMKM terhadap sumber permodalan, 4) Menerapkan digitasilasi marketing. Dalam perencanaan strategi oleh Dinas memiliki faktor pendorong, yaitu kesesuaian visi dan misi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang, tersedianya sarana dan prasarana yang cukup memadai, tersedianya anggaran yang cukup memadai, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam sektor UMKM, dan keterlibatan stakeholder bidang UMKM.

Kata Kunci : Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Strategi, SWOT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:54
Last Modified: 04 Aug 2023 07:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14328

Actions (login required)

View Item View Item