Tangdiombo, Elizabeth Anggit Sekar Citra (2023) STRATEGI KAMPANYE POLITIK PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) PADA PEMILU LEGISLATIF 2019. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (374kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (303kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (203kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
Abstract
Pemilu 2019 merupakan ajang kontestasi pertama PSI. PSI sebagai partai yang
tersegmentasi, membatasi dirinya hanya untuk para pemilih muda yang merupakan
kelompok usia dengan jumlah terbanyak yaitu sekitar 50,4%. Namun berdasarkan
hasil pemilu 2019, PSI hanya memperoleh suara 1,8% yang mana berarti PSI gagal
untuk memenuhi syarat parliamentary threshold (PT) sebesar 4%.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi dari kampanye politik yang
digunakan PSI dalam Pemilu Legislatif 2019. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan wawancara
mendalam dengan narasumber yang memiliki kredibilitas atau terlibat langsung
dalam proses kampanye politik PSI dan juga menggunakan kuesioner yang
diberikan kepada pemilih muda.
Hasil dari penelitian ini adalah PSI memiliki beberapa strategi kampanye politik
yaitu membangun citra kepemudaan, penggunaan media sosial sebagai alat
kampanye, menarik suara minoritas, melibatkan masyarakat dalam pembiayaan dan
kegiatan kampanye, kampanye canvassing door to door, dan kampanye kreatif.
Beberapa faktor yang menyebabkan berbagai kampanye politik PSI tidak mampu
mendulang suara PSI yaitu metode kampanye PSI yang lebih cocok diterapkan bagi
pemilih muda didaerah perkotaan, adanya konten kampanye PSI yang
mendatangkan resistensi dari masyarakat, dan persepsi masyarakat terhadap partai
baru, dimana PSI masih belum mampu untuk meyakinkan pemilih untuk
memberikan suara kepada PSI.
Keyword: Strategi Kampanye Politik, PSI, Kreatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | Fakultas ISIP |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 02:47 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 02:47 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14297 |
Actions (login required)
View Item |