Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 PADA LANSIA DI WILAYAH KECAMATAN JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2023

HANIF, KHAIRUNNISSA (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 PADA LANSIA DI WILAYAH KECAMATAN JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO HANIF KHAIR.pdf - Published Version

Download (419kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes Mellitus atau biasa disebut DM adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan metabolism yang terjadi pada organ pancreas biasa ditandai adanya peningkatan gula darah (hiperglikemia) karena penurunan kadar insulin di pankreas.Peningkatan jumlah penderita DM Tipe 2 berkaitan dengan sejumlah faktor, antara lain faktor risiko dapat diubah, faktor risikoyang tidak dapat dirubah dan faktor lainnya.Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian DM Tipe 2 pada Lansia di wilayah Puskesmas Jumapolo. Metode: penelitian ini merupakan penelitian deskriptiv dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel pada penelitian ini sebanyak 80 responden pada lansia yang menderita DM Tipe 2. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik System Random Sampling. Hasil: Faktor resiko pada kategori lansia yang memiliki proporsi tinggi antara lain aktivitas fisik, hipertensi dan pola konsumsi makanan. Sedangkan faktor resiko pada kategori pra lansia memiliki proporsi tinggi antara lain riwayat keturunan keluarga, Indeks Masa Tubuh (IMT), kebiasaan merokok.

Kata kunci : Diabetes Mellitus tipe 2; Lansia; Faktor Resiko

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:18
Last Modified: 03 Jul 2023 06:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14279

Actions (login required)

View Item View Item