Search for collections on Undip Repository

EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIHIPERTENSI GOLONGAN ANGIOTENSIN CONVERTING ENZYM INHIBITOR PADA PASIEN HIPERTENSI DENGAN DIABETES MELITUS RAWAT JALAN DI RSUD RA. KARTINI

Mala, Riska and Annisaa', Eva and Dini, Intan Rahmania Eka (2023) EVALUASI RASIONALITAS PENGGUNAAN ANTIHIPERTENSI GOLONGAN ANGIOTENSIN CONVERTING ENZYM INHIBITOR PADA PASIEN HIPERTENSI DENGAN DIABETES MELITUS RAWAT JALAN DI RSUD RA. KARTINI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
RISKA MALA-22010319130043-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (82kB)

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan diastolik ≥90 mmHg. Hipertensi dapat terjadi bersamaan (komorbid) atau merupakan akibat proses patologis diabetes. Salah satu terapi antihipertensi yang direkomendasikan pada pasien hipertensi dengan DM adalah ACEI. Peningkatan penggunaan ACEI pada terapi lini pertama hipertensi maka selayaknya dilakukan evaluasi rasionalitas untuk menjamin outcome terapi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi rasionalitas penggunaan antihipertensi golongan ACEI pada pasien hipertensi dengan DM rawat jalan yang diukur dari tepat pasien, tepat obat, dan tepat dosis di RSUD RA. Kartini Jepara.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan pengumpulan data secara retrospektif. Teknik pengambilan data menggunakan total sampling.
Hasil : Rasionalitas penggunaan antihipertensi golongan ACEI pada pasien berdasarkan tepat pasien 91%, tepat obat 62,9%, dan tepat dosis 95,5%. Secara keseluruhan rasionalitas penggunaan antihipertensi golongan ACEI pada pasien sebesar 56,2%.
Kesimpulan : Rasionalitas penggunaan antihipertensi golongan ACEI pada pasien hipertensi dengan DM rawat jalan RSUD RA. Kartini periode 2022 sebesar 44,9%.
Kata kunci: Hipertensi, Diabetes Melitus, Antihipertensi, ACEI, Evaluasi Rasionalitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Diabetes Melitus, Antihipertensi, ACEI, Evaluasi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:34
Last Modified: 03 Jul 2023 02:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14185

Actions (login required)

View Item View Item