Search for collections on Undip Repository

Squamous Cell Carcinoma cervix uteri berhubungan signifikan dengan faktor prognostik dan Programmed Death-Ligand 1

Syarif, Ahmad and Prasetyo, Awal and Karlowee, Vega (2023) Squamous Cell Carcinoma cervix uteri berhubungan signifikan dengan faktor prognostik dan Programmed Death-Ligand 1. Masters thesis, Universitas DIponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
Abstrak Tesis.pdf

Download (160kB)

Abstract

Latar Belakang : Kanker serviks uteri yang berhubungan dengan Human Papilloma Virus (HPV) menyebabkan peningkatan ekspresi PD-L1 yang dapat mempengaruhi prognosis. Faktor prognostik seperti klasifikasi TNM, usia, FIGO staging, dan Quality of life dianggap sebagai faktor prognostik yang paling signifikan pada pasien kanker serviks uteri.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara tingkat ekspresi PD-L1 terhadap faktor prognostik (usia, FIGO staging, klasifikasi TNM, dan Quality of life) pada pasien kanker serviks uteri.
Metode : Penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Consecutive sampling dilakukan pada pasien yang didiagnosis kanker serviks uteri di Laboratorium Patologi Anatomi RSUP Dr. Kariadi Semarang tahun 2021-2022. Ekspresi PD-L1 diukur dengan pemeriksaan imunohistokimia yang dikategorikan menjadi: 0 (<5%); 1 (5% -25%); 2 (26%-50%); 3 (51%-75%); dan 4 (76%-100%). Faktor prognostik berupa usia, FIGO staging, klasifikasi TNM, didapatkan dari rekam medis. Quality of life pasien didapatkan dengan menggunakan pengisian kuesioner form SF-36. Analisis data menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan <0,05.
Hasil : Hasil uji korelasi univariat ini menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara ekspresi PD-L1 dengan variabel ukuran tumor (p = 0,050), FIGO staging (p = 0,050), dan kualitas hidup (p = <0,001), sedangkan untuk variabel usia (p = 0,149), keterlibatan kelenjar getah bening (p = 0,070), dan metastasis (p = 0,355) tidak terdapat hubungan yang bermakna terhadap ekspresi PD-L1.
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna secara statistik antara ekspresi PD-L1 dengan variabel ukuran tumor, FIGO staging, dan kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kanker serviks, PD-L1, klasifikasi TNM, usia, FIGO staging, Quality of life.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:12
Last Modified: 03 Jul 2023 02:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item