Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKATMELALUI JAKARTALAPOR(JAKLAPOR)

Azzahra, Rizqa Ayuni (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKATMELALUI JAKARTALAPOR(JAKLAPOR). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover Skripsi Rizqa Ayuni Azzahra.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Skripsi Rizqa Ayuni Azzahra.pdf - Submitted Version

Download (506kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Rizqa Ayuni Azzahra.pdf - Submitted Version

Download (591kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Rizqa Ayuni Azzahra.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Rizqa Ayuni Azzahra.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi Rizqa Ayuni Azzahra.pdf - Submitted Version

Download (215kB)
[img] Text
Lampiran Skripsi Rizqa Ayuni Azzahra.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pilar Jakarta Smart City yakni smart governance diwujudkan Pemerintah
Provinsi DKI Jakarta melalui peluncuran aplikasi Jakarta Kini (JAKI). Aplikasi JAKI
memliki beberapa fitur di antaranya fitur JakLapor. JakLapor mengalami peningkatan
dalam segi angka pengguna setiap tahunnya sejak pertama kali diluncurkan pada tahun
2019. Hal ini membuat JakLapor menjadi layanan pengaduan masyarakat yang
berprogres dibandingkan layanan pengaduan masyarakat daerah lain di Indonesia yang
diluncurkan di tahun yang sama.
Penelitian ini menganalisis implementasi JakLapor sebagai sarana pengaduan
masyarakat oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini Jakarta Smart City dan
menganalisis faktor pendukung serta penghambat implementasi JakLapor. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data
wawancara, dokumentasi serta studi pustaka dan analisis data dengan teori
implementasi kebijakan George C. Edward III yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi,
serta birokrasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan pengaduan masyarakat melalui JakLapor
sudah menerapkan kejelasan dan konsistensi komunikasi. Namun, masih terdapat
kekurangan pada penyaluran informasi secara langsung yang belum mencakup seluruh
kalangan masyarakat. Sumberdaya yang dibutuhkan yakni dana, sarana prasarana dan
sumber daya manusia sudah mampu mendukung pengimplementasian JakLapor.
Disposisi atau sikap implementor kebijakan masih menemui kesenjangan dalam
menangi permasalahan tertentu, sedangkan birokrasi sudah berjalan sesuai SOPnya
sendiri, sehingga tindak lanjut penanganan pengaduan masyarakat sudah disesuaikan
dengan lokasi serta izin dari biro pemerintahan JSC.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, implementasi layanan pengaduan masyarakat
melalui JakLapor sudah dilaksanakan berdasarkan indikator komunikasi, sumberdaya,
disposisi serta birokrasi. Namun, ada beberapa hambatan yang menyertai implementasi
JakLapor di antaranya sosialisasi secara langsung yang tidak belum mencakup berbagai
kalangan masyarakat, minimnya partisipasi survey kepuasan masyarakat, kesenjangan
sikap tindak lanjut atas permasalahan tertentu dan kebingungan penetapan lokasi
khususnya di daerah perbatasan.
Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Layanan Pengaduan Masyarakat,
JakLapor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:38
Last Modified: 27 Jun 2023 08:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14134

Actions (login required)

View Item View Item