Search for collections on Undip Repository

PEMELIHARAAN HUBUNGAN INTERPERSONAL ANTARA PELATIH DAN ATLET DALAM MEMOTIVASI UNTUK BERPRESTASI PADA ATLET PPLP JAWA TENGAH

Adhyatma, Muhammad Raditya Dwi (2023) PEMELIHARAAN HUBUNGAN INTERPERSONAL ANTARA PELATIH DAN ATLET DALAM MEMOTIVASI UNTUK BERPRESTASI PADA ATLET PPLP JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Submitted Version

Download (184kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Submitted Version

Download (43kB)
[img] Text
Bab III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
Bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (78kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)

Abstract

Hubungan interpersonal antara atlet dan pelatih merupakan hubungan yang sangat unik dikarenakan kemauan masing-masing pihak yang tinggi untuk sukses, sehingga butuh adanya hubungan interpersonal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan interpersonal antara pelatih dan atlet dapat mempengaruhi motivasi atlet Renang PPLP Jawa Tengah untuk berkembang dan berprestasi serta mengetahui hambatan yang dapat muncul di hubungan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah hubungan interpersonal antara atlet dan pelatih PPLP renang Jawa Tengah terjalin dengan cukup baik berdasarkan keempat aspek yang telah di analisis, yaitu positivity, openness, assurances, dan sharing task. Namun, terdapat permasalahan yang terjadi antara pelatih dengan atlet pada aspek positivity dengan aspek openness. Hasil penelitian sesuai dengan equity theory yang menjelaskan bahwa hubungan interpersonal harus didasari dengan kesetaraan antara usaha dengan hadiah agar atlet dan pelatih merasa puas dan dapat bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan. Dengan begitu, pelatih maupun atlet memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki dan memperkuat hubungan interpersonal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:38
Last Modified: 08 Aug 2023 01:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item View Item