Search for collections on Undip Repository

KOMPARASI PENDAPATAN PETANI KOPI ROBUSTA ANGGOTA DAN NON ANGGOTA KELOMPOK TANI DI KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG

Fitriana, Adisa Nur and Ekowati, Titik and Nurfadillah, Suryani (2023) KOMPARASI PENDAPATAN PETANI KOPI ROBUSTA ANGGOTA DAN NON ANGGOTA KELOMPOK TANI DI KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
bagian awal.pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
bagian akhir.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas usahatani kopi Robusta yang terdiri dari pemeliharaan lahan, pemeliharaan tanaman, panen, hingga pascapanen serta menganalisis perbedaan biaya produksi, produksi, penerimaan, dan pendapatan antara petani anggota dan non anggota kelompok tani. Metode penelitian dilakukan dengan metode survei. Keseluruhan populasi petani kopi Robusta berjumlah 1.134 orang yang terdiri dari 448 orang petani anggota kelompok tani dan 686 orang petani non anggota kelompok. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Sugiarto sehingga didapatkan 125 sampel. Metode penentuan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Sampel petani anggota kelompok tani adalah 50 orang dan petani non anggota adalah 75 orang. Data primer diperoleh melalui wawancara berdasarkan kuesioner dengan petani anggota dan non anggota kelompok tani yang menjadi responden serta data sekunder diperoleh melalui kajian pustaka dan publikasi ilmiah yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan kuantitatif melalui analisis biaya, analisis pendapatan, dan uji independent sample t test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pendapatan petani anggota kelompok tani adalah Rp 22.101.953,-/0,87 ha atau setara dengan Rp 25.404.544,-/ha/th dan petani non anggota kelompok tani Rp 11.904.275,-/0,57 ha atau setara dengan Rp 20.884.694,-/ha/th. Hasil uji analisis menunjukkan ada perbedaan rata–rata pada biaya produksi dan pendapatan petani anggota dan non anggota kelompok tani serta tidak ada perbedaan rata–rata pada produksi dan penerimaan petani anggota dan non anggota kelompok tani.
Kata kunci : biaya, kelompok tani, kopi robusta, penerimaan, uji beda

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: biaya, kelompok tani, kopi robusta, penerimaan, uji beda
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:17
Last Modified: 05 Jan 2024 03:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14073

Actions (login required)

View Item View Item