Search for collections on Undip Repository

BIAS MEDIA DALAM PEMBERITAAN UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA (Analisis Ekonomi Politik Media dalam Pemberitaan UU Cipta Kerja di Harian Kompas dan Kompas.id pada Periode 19 Oktober 2019 – 5 November 2020)

WIBISANA, NYOMAN BAGUS (2023) BIAS MEDIA DALAM PEMBERITAAN UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA (Analisis Ekonomi Politik Media dalam Pemberitaan UU Cipta Kerja di Harian Kompas dan Kompas.id pada Periode 19 Oktober 2019 – 5 November 2020). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (742kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (622kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (287kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (318kB)

Abstract

Media massa memiliki peran untuk menginformasikan kepada publik tentang
kebijakan publik karena mereka tidak terlibat secara langsung dalam proses
pembentukan kebijakan. Dalam proses mediasi realita tersebut, media massa
memiliki standar performa media yang perlu ditegakkan dalam proses
menginformasikan berita sesuai dengan kepentingan publik. Namun, media massa
tidaklah merefleksikan realita apa adanya, melainkan mereka mengonstruksi
realita yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun dari luar
organisasi. Dari pendekatan ekonomi politik kritis media, media massa dilihat
dipengaruhi secara struktural oleh ketimpangan kekayaan dan kekuasaan di
masyarakat sehingga berita dapat bias terhadap kepentingan kelas penguasa.
Menggunakan Model Propaganda oleh Herman dan Chomsky sebagai kerangka
teori, penelitian ini mencoba untuk mengetahui bagaimana media massa,
spesifiknya Kompas, memberitakan kebijakan UU Cipta Kerja. Menggunakan
metode analisis isi kualitatif untuk menganalisis 543 artikel Harian Kompas dan
Kompas.id, peneliti menemukan bahwa, di sisi narasumber dan bingkai, pola
pemberitaan mengindikasikan adanya pluralitas daripada bias pemerintah dan
pebisnis. Di sisi ideologi ekonomi, peneliti menemukan terdapat batasan dalam
diskusi ekonomi dan ketenagakerjaan yang mengindikasikan adanya bias
pemerintah dan pebisnis. Kontradiksi tersebut menunjukkan bahwa pemberitaan
dipenuhi dengan kompleksitas, kontestasi, dan ambivalensi daripada pandangan
instrumental yang melihat berita secara statik dan deterministik akan
menguntungkan kelas penguasa. Maka, peneliti menemukan aspek kebaruan
dalam penelitian performa media, spesifiknya dalam memberitakan kebijakan
publik, menggunakan pendekatan ekonomi politik kritis media.
Kata kunci: ekonomi politik kritis media; performa media; model propaganda; uu
cipta kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Jul 2023 05:23
Last Modified: 06 Jul 2023 05:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14059

Actions (login required)

View Item View Item