Search for collections on Undip Repository

Karakteristik Perforasi Gaster dengan Riwayat Arthritis dan Penggunaan NSAID Jangka Panjang di RSUP Dr. Kariadi Semarang Periode Tahun 2020 – 2022 (Berdasarkan Variabel Post Operasi Definitive)

Fauzi, Ardi (2023) Karakteristik Perforasi Gaster dengan Riwayat Arthritis dan Penggunaan NSAID Jangka Panjang di RSUP Dr. Kariadi Semarang Periode Tahun 2020 – 2022 (Berdasarkan Variabel Post Operasi Definitive). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak UZI)
Abstrak UZI.docx

Download (14kB)

Abstract

Latar belakang: Kejadian perforasi gaster memberikan output mortalitas yang tinggi. Penyebab perforasi gaster terbanyak kedua adalah penggunaan NSAID jangka panjang. Pada kasus Arthritis di periode pandemi COVID -19 pendekatan terapi konservatif dan pemberian NSAID lebih diutamakan. Hal ini menyebabkan terjadinya perbedaan karakteristik pada kasus perforasi gaster.

Tujuan: Mengetahui karakteristik dan output pada pasien dengan perforasi gaster di RSUP dr Kariadi Semarang periode 2020-2022.

Metode: Studi deskriptif analitik dengan rancangan penelitian cohort retrospective, menggunakan rekam medis elektronik pasien di RSUP Dr. Kariadi Semarang dari bulan Januari 2020 - bulan Desember 2022. Data yang dikumpulkan berupa demografik, diagnosis, tindakan, kondisi pasca operasi dan output.

Hasil: Gabungan variabel antara jenis NSAID dan jenis penyakit arthritis berkorelasi langsung memiliki kekuatan antar variabel 86,7% positif dan signifikasi 0,049 terhadap output pasien.

Simpulan: NSAID memberikan risiko terjadinya perforasi gaster dalam pemakaian jangka panjang. Perforasi gaster memberikan output mortalitas yang tinggi dengan adanya faktor komorbid.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: NSAID, Perforasi Gaster, Arthritis
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:46
Last Modified: 27 Jun 2023 04:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item View Item