Ikawati, Anita Nurul (2023) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Halaman Depan - Abstrak_Skripsi_Anita Nurul I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1_Skripsi_Anita Nurul I.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
|
Text
BAB 2_Skripsi_Anita Nurul I.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
|
Text
BAB 3_Skripsi_Anita Nurul I.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
|
Text
BAB 4_Skripsi_Anita Nurul I.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
Text
BAB 5_Skripsi_Anita Nurul I.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
|
Text
BAB 6_Skripsi_Anita Nurul I.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Skripsi_Anita Nurul I.pdf Download (320kB) |
|
Text
Lampiran_Skripsi_Anita Nurul I.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan sosial pada anak prasekolah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor lingkungan, keluarga, dan pengalaman sosial awal. Peneltian terdahulu sudah banyak mengeksplorasi implikasi faktor lingkungan dan pengalaman sosial awal pada perkembangan sosial anak. Faktor keluarga dimana di dalamnya terdapat berbagai macam aspek yang salah satunya adalah pola asuh belum banyak dieksplorasi terkait hubungannya dengan perkembangan sosial anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 92 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan 2 kuesioner, yaitu kuesioner Parenting Style and Dimensions Questionnaire-Short Form (PSDQ-SF) dan Social Competence Scale-Parent Version (SCS-PV). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji chi-square dengan taraf signifikansi alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 59 orang tua (64,1%) menerapkan pola asuh otoritatif dan hasil perkembangan sosial anak usia prasekolah menunjukkan perbandingan yang hampir setara yaitu anak dengan perkembangan sosial yang baik berjumlah 34 anak (37%), cukup baik berjumlah 30 anak (32,6%), dan kurang baik sebanyak 28 anak (30,4%). Hasil analisis hubungan antara pola asuh dengan perkembangan sosial anak didapatkan nilai p-value 0,000 < nilai α yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak usia prasekolah. Diharapkan bagi tenaga pendidik (guru) untuk dapat mendorong dan memberikan pengetahuan bagi orang tua siswa terkait pola pengasuhan yang baik bagi anak prasekolah dan memberi informasi terkait gambaran perkembangan sosial anak usia prasekolah.
Kata Kunci : pola asuh, perkembangan sosial, anak usia prasekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 09:54 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 09:54 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14034 |
Actions (login required)
View Item |