Search for collections on Undip Repository

PERAN VITAMIN D DAN KALSIUM DALAM DARAH TERHADAP DISMENORE PRIMER PADA PEREMPUAN DEWASA AWAL : STUDI LITERATUR

Haryani, Novia Dwi and Syauqy, Ahmad and Kurniawati, Dewi Marfu’ah PERAN VITAMIN D DAN KALSIUM DALAM DARAH TERHADAP DISMENORE PRIMER PADA PEREMPUAN DEWASA AWAL : STUDI LITERATUR. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Novia.pdf

Download (134kB)

Abstract

Latar Belakang: Dismenore primer dianggap sebagai salah satu masalah utama wanita pada masa reproduksi yang dapat berdampak buruk pada kualitas hidup seseorang. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara vitamin D dan defisiensi kalsium dengan timbulnya dismenore primer.
Tujuan: Mengkaji penelitian-penelitian terkini yang berkaitan dengan peran vitamin D dan kalsium terhadap dismenore primer.
Metode: PubMed, Science Direct, Scopus, dan Google Scholar dengan software Harzing Publish and Perish digunakan dalam strategi pencarian artikel dalam kurun waktu 2013-2023 yang melaporkan efek vitamin D dan kalsium terhadap dismenore primer. Sebanyak 13 artikel yang relevan yang memenuhi syarat untuk dianalisis lebih lanjut.
Hasil: Tingkat Vit D dan kalsium yang rendah berbanding terbalik dengan tingkat keparahan dismenore primer dengan meningkatkan produksi prostaglandin atau mengurangi penyerapan kalsium usus., dan mengonsumsi Vit D dan kalsium dapat mengurangi keparahan dismenore primer dan gejala sistemik yang terkait. Suplemen kalsium dan vitamin D direkomendasikan sebagai pendekatan yang murah, berisiko rendah, dapat diterima, dan dapat diakses untuk menghilangkan atau mengurangi nyeri akibat dismenore primer.
Simpulan: Literatur ini menemukan bukti bahwa vitamin D dan kalsium berpengaruh untuk mengurangi tingkat keparahan dismenore primer.

Kata kunci: Vitamin D, Kalsium, Dismenore Primer

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 26 Jun 2023 09:24
Last Modified: 26 Jun 2023 09:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item