Search for collections on Undip Repository

RESPONS CHINA TERHADAP TALIBAN SEBAGAI PEMERINTAHAN AFGHANISTAN TAHUN 2021

Putri, Nurmaylia Ardinda (2023) RESPONS CHINA TERHADAP TALIBAN SEBAGAI PEMERINTAHAN AFGHANISTAN TAHUN 2021. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (616kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (414kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (397kB)

Abstract

Pertemuan China dengan Afghanistan pasca Taliban mengambil alih Pemerintahan Afghanistan pada tahun 2021 menjadi latar belakang penelitian ini. Masalah yang muncul adalah: Mengapa respons China terhadap Taliban sebagai pemerintahan Afghanistan di tahun 2021 mengalami perubahan yang bertolak belakang dengan identitas negaranya selama ini?
Tujuan penelitian untuk menganalisis motif atau kepentingan China dalam merespons Afghanistan di bawah pemerintahan Taliban pada tahun 2021. Selain itu, untuk mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi respons China terhadap Afghanistan di bawah Pemerintahan Taliban.
Upaya menjawab permasalahan dan tujuan penelitian, penulis menggunakan konsep model ancamandengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah Kebijakan Luar Negeri China terhadap Afghanistan pasca perang Taliban dan Pemerintah Afghanistan pada tahun 2021.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa respons positif China terhadap Afghanistan di bawah Taliban dikarenakanpergeseran identitas (shifting identity)serta sebagai bentuk upaya kompromi China terhadap Taliban untuk menciptakan identitas bersama yang dipengaruhi adanya beberapa kepentingan yang China bawa terhadap Afghanistan di bawah Pemerintahan Taliban, seperti keamanan, ekonomi, dan geopolitik.
Disarankan untuk China agar tetap memantau perkembangan kebijakan Talibankarena pemerintahan Taliban masih belum sepenuhnya stabil dan dikhawatirkan akan menjadi potensi Taliban untuk memanfaatkan keadaan di saat China dalam posisi lengah.
Keywords:China, Afghanistan, Identitas, Persepsi Ancaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:40
Last Modified: 26 Jun 2023 06:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13994

Actions (login required)

View Item View Item