Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DENGAN PRAKTIK MEMBUANG MASKER DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro)

SHIFANANDITA, NOVELLY (2023) GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DENGAN PRAKTIK MEMBUANG MASKER DI KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG (Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NOVELLY.pdf - Published Version

Download (435kB)

Abstract

Penggunaan masker telah menjadi upaya pencegahan utama COVID-19 selama masa pandemi untuk membatasi transmisi virus. Protokol kesehatan yang mewajibkan penggunaan dan penggantian masker secara global tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan kuantitas sampah masker bekas pakai. Namun, sampah masker bekas pakai tidak selalu dibuang pada tempat sampah yang sesuai. Hal ini tidak luput dari kesadaran masyarakat dan implementasi praktik kesehatan yang sudah dilakukannya. Kerap kali ditemukan sampah masker bekas pakai di lingkungan kampus dan tempat tinggal mahasiswa yang seharusnya mampu menjadi contoh praktik baik terkait kesehatan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap, dengan praktik membuang masker pada mahasiswa Universitas Diponegoro di Tembalang. Desain penelitian cross-sectional digunakan untuk penelitian kuantitatif deskriptif ini, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, di mana seluruh mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi responden, memperoleh 333 total responden. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diketahui bahwa 61% responden memiliki tingkat pengetahuan baik, 54,7% responden memiliki sikap positif, dan 52% responden memiliki praktik membuang masker yang baik. Nilai signifikansi yang diperoleh dari analisis bivariat dengan praktik membuang masker adalah 0,000, menandakan adanya hubungan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa responden sudah memiliki tangkat pengetahuan, sikap, dan praktik yang baik. Selain itu, tingkat pengetahuan dan sikap responden sejalan dengan praktik membuang masker.

Kata kunci : usia, asal fakultas, strata pendidikan, tingkat pengetahuan,
sikap, praktik, membuang masker, COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:09
Last Modified: 26 Jun 2023 03:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13967

Actions (login required)

View Item View Item