Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Penyuluhan Tentang Kelainan Mata Anak Terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua di Rumah Sakit Nasional Diponegoro

Syahira, Regina and Prihatningtias, Riski and Nugroho, Trilaksana and Saubig, Arnila Novitasari (2023) Pengaruh Penyuluhan Tentang Kelainan Mata Anak Terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua di Rumah Sakit Nasional Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI-Regina Syahira-22010119130086)
ABSTRAK-KTI-Regina Syahira-22010119130086.pdf

Download (10kB)

Abstract

Latar Belakang : Di Indonesia, kebutaan anak masih belum mendapat perhatian yang cukup atau prioritas tinggi. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya tingkat pengetahuan orang tua dan praktik tentang perawatan mata anak. Orang tua perlu memahami tanda dan kelainan mata yang dapat terjadi pada anak agar sadar betapa pentingnya deteksi dini pada anak sehingga jika terdapat kelainan dapat dilakukan penanganan lebih awal dan dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan berat dan kebutaan.
Tujuan : Membuktikan adanya pengaruh penyuluhan terhadap tingkat pengetahuan orang tua tentang kelainan mata anak.
Motode : Penelitian ini menggunakan desain randomized controlled trial dengan rancangan penelitian true-eksperiment berupa pre-test dan post-test dengan kelompok perlakuan (n=21) dan kelompok kontrol (n=21). Data yang diambil adalah tingkat pengetahuan orang tua yang terbagi atas tingkat pengetahuan baik, cukup dan kurang. Selain itu, variabel perancu yang diuji adalah usia, jenis kelamin, status pekerjaan, pendidikan terakhir, kejadian kelainan mata anak, dan paparan informasi. Uji statistik yang digunakan adalah t-test dependent, t-test independent, dan regresi linear.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen (p=<0,001) dan tidak adanya perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test pada kelompok kontrol (p=0,214). Selain itu, terbukti penyuluhan kelainan mata anak berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan orang tua (p=<0,001). Diperoleh variabel perancu, yaitu jenis kelamin yang berpengaruh negatif terhadap tingkat pengetahuan orang tua (p=0,037)
Kesimpulan : Penyuluhan kelainan mata anak berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan orang tua.
Kata kunci : penyuluhan, kelainan mata anak, tingkat pengetahuan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penyuluhan, kelainan mata anak, tingkat pengetahuan orang tua
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:23
Last Modified: 27 Jun 2023 07:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13958

Actions (login required)

View Item View Item