Search for collections on Undip Repository

Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Perawatan Metode Kanguru (PMK) pada Ibu dengan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR)

Adawya, Alya Azkaa and Suswihardhyono, Adhie Nur Radityo and Wardani, Natalia Dewi and Arkhaesi, Nahwa (2023) Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Perawatan Metode Kanguru (PMK) pada Ibu dengan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK)
ALYA AZKAA ADAWYA-22010119120010-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (322kB)

Abstract

Latar Belakang: Perawatan Metode Kanguru (PMK) merupakan perawatan khusus Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) yang mampu menurunkan angka mortalitas dan morbiditas. Peningkatan implementasi PMK membutuhkan usaha edukasi yang komprehensif dengan memperhatikan aspek pengetahuan, sikap, dan perilaku.
Tujuan: Menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku PMK pada ibu dengan BBLR.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Subjek penelitian ini adalah 50 ibu dengan BBLR di Banyumas. Data primer meliputi hasil pengisian kuesioner pengetahuan, sikap, dan perilaku dengan skala Likert. Uji statistik menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Nilai p<0.05 menunjukkan hubungan signifikan.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan dengan perilaku PMK (r = -0.12, p > 0.05) maupun antara sikap dengan perilaku PMK (r = -0.01, p > 0.05). Selain itu terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan dengan sikap terhadap PMK (r = 0.36, p < 0.05).
Kesimpulan: tidak terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan dengan perilaku PMK maupun antara sikap dengan perilaku PMK dan terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan dengan sikap terhadap PMK.
Kata Kunci: Perawatan Metode Kanguru (PMK), ibu, Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), likert, pengetahuan, sikap, perilaku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perawatan Metode Kanguru (PMK), ibu, Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), likert, pengetahuan, sikap, perilaku
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Jun 2023 06:03
Last Modified: 26 Jun 2023 06:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13953

Actions (login required)

View Item View Item