Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI

Salam, Abimukti and Rusmawati, Diana (2023) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
repository_3.pdf

Download (265kB)

Abstract

Sebagai syarat terakhir untuk memperoleh gelar sarjana, maka mahasiswa dihadapkan dengan tugas akhir atau skripsi yang wajib mereka selesaikan. Selama proses pengerjaannya, mahasiswa seringkali mengalami berbagai kesulitan dan hambatan. Mahasiswa memerlukan rencana dalam mengatur sikap dan tindakan untuk bisa mengatasi kesulitan sehingga mampu untuk mencapai tujuan yaitu menyelesaikan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang sedang mengerjakan skripsi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang sedang mengerjakan skripsi berjumlah 61 mahasiswa dengan sampel sebanyak 40 mahasiswa, yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Regulasi Diri (19 aitem, α = 0,884) dan Skala Prokrastinasi Akademik (29 aitem, α = 0,923). Analisis data menggunakan metode korelasi product moment dengan nilai koefisien rxy = -0,876 dengan nilai signifikansi sebesar p=0,000. Berdasarkan hasil analisis tersebut, terbukti bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik, yang artinya semakin tinggi regulasi diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik. Begitupun sebaliknya, semakin rendah regulasi diri maka semakin tinggi prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:46
Last Modified: 05 Feb 2024 03:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13939

Actions (login required)

View Item View Item