Nugraheni, Aldha Wulan (2023) PENGARUH PREFERENSI CASHLESS PAYMENT DAN TERPAAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP TINGKAT KONSUMSI MAKANAN DENGAN APLIKASI ONLINE FOOD DELIVERY DI KALANGAN GENERASI Z. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
Cover 1-18.pdf - Submitted Version Download (476kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (864kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (145kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Generasi Z merupakan kelompok usia terbesar di Indonesia yang mencakup
sekitar 27,94 persen dari total populasi di Indonesia, trend pengiriman makanan
secara online (online food delivery) telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari
kehidupan sehari-hari Generasi Z. Pada wilayah Asia Tenggara, Indonesia
merupakan negara tertinggi pasar layanan online food delivery. Tingginya
perilaku konsumsi makanan di Indonesia saat ini didorong oleh munculnya online
food delivery. Di era serba digital, penggunaan e-wallet juga menjadi salah satu
metode transaksi yang paling sering digunakan. Dengan adanya e-wallet,
konsumen semakin dimudahkan dalam melakukan pembayaran saat melakukan
transaksi jual beli di platform e-commerce, salah satunya melalui transaksi
cashless payment pada online food delivery. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh antara preferensi cashless payment terhadap tingkat
konsumsi makanan dengan aplikasi online food delivery di kalangan Generasi Z,
dan untuk mengetahui pengaruh antara terpaan promosi penjualan terhadap
tingkat konsumsi makanan dengan aplikasi online food delivery di kalangan
generasi z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatori dengan
teknik purposive sampling yang melibatkan 100 responden. Hasil penelitian
didapatkan bahwa preferensi cashless payment tidak ada pengaruhnya terhadap
tingkat konsumsi makanan dengan online food delivery. Sedangkan, terpaan
promosi penjualan berpengaruh positif cukup kuat terhadap tingkat konsumsi
makanan dengan aplikasi online food delivery.
Kata kunci: cashless payment, online food delivery, terpaan promosi, tingkat
konsumsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 06:56 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 06:56 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13892 |
Actions (login required)
View Item |