Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi pada Pegawai BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda)

Novanda, Annisa Gita (2022) PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi pada Pegawai BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (427kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (553kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)

Abstract

Perusahaan asuransi pada saat ini sangat beragam. Tantangan terbesar bagi perusahaan asuransi adalah menyiapkan perusahaan asuransi nasional atau instansi pemerintah yang bertanggung jawab untuk melayani pekerja di semua bagian di Indonesia. Untuk itu, diperlukan pengelolaan sumber daya manusia yang baik dengan cara menciptakan kinerja pegawai yang baik. Kinerja pegawai dapat dipengaruhi oleh kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda yang dipengaruhi oleh kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan explanatory research. Sampelpada penelitian ini berjumlah 45 responden pegawai yang diambil dengan teknik pengambilan sampel yaitu sensus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja (X1)memilikipengaruhpositif signifikan terhadapkinerja pegawai, variabelkomitmen organisasi(X2)memilikipengaruh positifsignifikan pada variabel kinerja pegawai, serta Variabel kepuasan kerja (X1) dan variabel komitmen organisasi(X2) secara simultan dapat memberi pengaruh yang positif signifikan, pada variabel kinerja pegawai (Y). Dengan demikian demi keberlanjutan dan peningkatan kinerja pegawai diperlukan pengkajian kembali mengenai peraturan-peraturan yang diterapkan perusahaan, menciptakan lingkungan kerja yang baik dan berkualitas agar pegawai merasa nyaman dalam mengerjakan pekerjaannya, memberikan arahan kepada para pegawai agar tetap menjaga komunikasi antar pegawai dengan tujuan terciptanya kerjasama yang baik, perusahaan harus memperlakukan pegawai selayaknya partner, serta memberikan nilai-nilai organisasi yang dapat ditanamkan kepada pegawai agar tercipta komitmen terhadap organisasi BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai menilai kepuasan kerja mereka tinggi, pegawai juga memiliki komitmen organisasi yang baik, dan pegawai memiliki kinerja pegawai yang sangat baik.
Kata Kunci : kepuasan kerja, kinerja pegawai, dan komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:46
Last Modified: 23 Jun 2023 04:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13883

Actions (login required)

View Item View Item