Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pelanggan Baru Indihome di Kota Semarang)

Hudatama, Budiarmanda Ikhsan (2022) PENGARUH PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pelanggan Baru Indihome di Kota Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (572kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (813kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (889kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)

Abstract

Pentingnya internet bagi semua kalangan membuat para penyedia jasa internet bersaing membuat produk layanan internet dengan koneksi berkualitas untuk merebut hati pelanggan. Dalam membuat keputusan pembelian, pelanggan mempertimbangkan pilihan produk layanan internet dari berbagai provider melalui perolehan informasi produk dari kegiatan promosi suatu provider dan brand image dari produk. Dari perolehan informasi tersebut dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan merek dari pelanggan terhadap produk layanan internet tersebut sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi pelanggan membuat suatu keputusan untuk melakukan pemasangan baru produk layanan internet.
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh secara tidak langsung dari promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan merek. Populasi dan sampel penelitian ini adalahpelanggan Indihome yang berdomisili di Kota Semarang sebanyak 100 orang. Sumber data penelitian ini berupa data primer dari responden yang merupakan pelanggan Indihome di Kota Semarang serta data sekunder dari media perantara.
Penelitian ini merupakan tipe explanatory research dengan pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling melalui purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis kuantitatif yang terdiri dari analisis tabulasi silang, uji koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan berganda, uji koefisien determinasi, uji t, uji mediasi dan uji sobel dengan menggunakan software komputer Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 26.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing dari promosi, brand image, kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan merek dapat memediasi pengaruh masing-masing dari promosi dan brand image terhadap keputusan pembelian untuk melakukan pemasangan baru Indihome. Dari hasil olah data penelitian ini, PT Telkom Indonesia perlu menambahkan testimoni positif pelanggan lama yang masih bertahan dalam kegiatan promosi. Adanya pembinaan terhadap karyawan untuk selalu bersikap jujur memberikan informasi Indihome dihadapan calon pelanggan juga mempengaruhi sikap calon pelanggan dalam membuat keputusan pembelian.
Kata Kunci : Promosi, Brand Image, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:26
Last Modified: 23 Jun 2023 04:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13879

Actions (login required)

View Item View Item