Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PELAPORAN RISIKO PADA ELECTRONIC HOSPITAL RISK MANAGEMENT (E-HRM) DI RSUP DR. KARIADI

OCTAVIA, ARTHA ZAHRA (2023) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PELAPORAN RISIKO PADA ELECTRONIC HOSPITAL RISK MANAGEMENT (E-HRM) DI RSUP DR. KARIADI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ARTHA.pdf - Published Version

Download (363kB)

Abstract

Manajemen risiko berkaitan erat dengan pelaksanaan keselamatan pasien dan pekerja di rumah sakit yang berimplikasi terhadap mutu rumah sakit. Pelaksanaan manajemen risiko di RSUP Dr. Kariadi telah terintegrasi dalam Electronic Hospital Risk Management (E-HRM), yaitu sistem pelaporan risiko secara elektronik dari seluruh unit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pelaporan risiko pada E-HRM di RSUP Dr. Kariadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik total sampling yang melibatkan 35 responden dari seluruh unit yang melakukan pelaporan di E-HRM. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi dari setiap variabel bebas dengan variabel terikat, meliputi pengetahuan (p=0.527), masa kerja (p=0.613), usia (p=0.340), sikap (p=0.253), pembelajaran (p=0.000), motivasi (p=0.000), kepemimpinan (p=0.011), imbalan (p=0.000), dan desain pekerjaan (p=0.272). Terdapat hubungan antara pembelajaran, motivasi, kepemimpinan, dan imbalan dengan kepatuhan pelaporan risiko pada E-HRM. Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan, masa kerja, usia, sikap, dan desain pekerjaan dengan kepatuhan pelaporan risiko pada E-HRM. Kegiatan bimbingan teknis, monitoring berkala, serta pengembangan sistem E-HRM dengan beberapa fitur tambahan diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan penanggung jawab unit dalam melaporkan pengelolaan risiko unitnya pada E-HRM di RSUP Dr. Kariadi.

Kata kunci : Kepatuhan, Pelaporan, Manajemen Risiko, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:01
Last Modified: 23 Jun 2023 04:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13876

Actions (login required)

View Item View Item