Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR IBU YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI KUNJUNGAN BALITA KE POSYANDU (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Mranggen III Kabupaten Demak)

LEKSIANI, ANISA (2023) FAKTOR-FAKTOR IBU YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI KUNJUNGAN BALITA KE POSYANDU (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Mranggen III Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANISA LEKSIANI.pdf - Published Version

Download (460kB)

Abstract

Deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan seperti risiko gagal tumbuh dan kelebihan berat badan dini pada anak dapat dilakukan dengan upaya pelayanan kesehatan salah satunya posyandu. Untuk mengetahui keberhasilan pelayanan kesehatan dapat dilakukan penilaian kinerja. Salah satu penilaian kinerja posyandu adalah penilaian partisipasi kegiatan posyandu. Puskesmas Mranggen III memiliki data trend cakupan penimbangan D/S >85% dan cenderung naik turun (fluktuatif). Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor ibu yang mempengaruhi kunjungan balita ke posyandu di wilayah kerja Puskesmas Mranggen III Kabupaten Demak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif cross sectional dengan populasi ibu balita, 120 sampel siambil menggunakan teknik propotional random sampling. Penelitian dilakukan agustus 2022-maret 2023. Analisis Univariat, bivariat dengan uji chi square, dan multivariat dengan uji regresi logistik digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan (p=0,025), pekerjaan (p=0,038), dukungan keluarga (p=0,019), dan kepuasan layanan (p=0,042) dengan partisipasi kunjungan posyandu. Kesimpulan penelitian pengetahuan ibu, pekerjaan ibu, dukungan keluarga dan kepuasan layanan berhubungan dengan partisipasi kunjungan, sedangkan pendidikan ibu dan pendapatan keluarga tidak berhubungan dengan partisipasi kunjungan posyandu. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan partisipasi ibu balita dalam kunjungan posyandu.

Kata kunci : Ibu balita, Posyandu, Balita, Partisipasi kunjungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:48
Last Modified: 23 Jun 2023 03:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13872

Actions (login required)

View Item View Item