Search for collections on Undip Repository

IDENTIFIKASI FAKTOR RISIKO VENTILATOR ASSOCIATED PNEUMONIA (VAP) PADA PASIEN POST OPERASI DI ICU RSUP DR. KARIADI SEMARANG TAHUN 2022

KUSUMA, INDRA and PRIMATIKA, ARIA DIAN and HARAHAP, M. SOFYAN (2023) IDENTIFIKASI FAKTOR RISIKO VENTILATOR ASSOCIATED PNEUMONIA (VAP) PADA PASIEN POST OPERASI DI ICU RSUP DR. KARIADI SEMARANG TAHUN 2022. Masters thesis, universitas diponegoro.

[img] Text (INDRA KUSUMA-22041019310012-TESIS-ABSTRAK)
INDRA KUSUMA-22041019310012-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (79kB)

Abstract

Latar belakang: Ventilator Associated Pneumonia (VAP) merupakan kondisi pneumonia yang terjadi dalam kurun waktu 48 jam atau segera setelah dilakukannya intubasi endotrakeal. Di ICU, infeksi nosocomial erat kaitannya dengan ventilasi mekanik invasif yang termasuk di dalamnya intubasi ulang, trakeostomi, dan operasi lainnya. Pasien dengan VAP memperpanjang durasi rawat inap di rumah sakit dan peningkatan pengeluaran biaya selama di rumah sakit.

Tujuan: Mengetahui faktor resiko Ventilator Associated Pneumonia (VAP) pada Pasien Post Operasi di ICU RSUP Dr. Kariadi Semarang Tahun 2022

Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan pendekatan case-control retrosprospektif. Subjek merupakan pasien dengan ventilasi mekanik yang menjalani perawatan di ICU RSUP Dr. Kariadi per bulan Januari sampai Desember 2022. Data didapatkan dari rekam medik, meliputi data demografi pasien, riwayat merokok, ARDS, DM, durasi ventilator, dan luaran kejadian VAP. Data kemudian diolah dengan SPSS menggunakan analisis uji bivariat (Uji Chi Square) dilanjutkan dengan regresi logistik multivariabel.

Hasil: Dari 272 subjek penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, didapatkan subjek VAP 162 orang dan kontrol 110 orang. Beberapa faktor yang berkaitan dengan peningkatan risiko terjadinya VAP di ICU RSUP Dr. Kariadi yakni usia ≥ 60 tahun, riwayat merokok, riwayat ARDS, dan penggunaan ventilator ≥ 5 hari. Analisis regresi logistic menemukan bahwa penggunaan ventilator ≥ 5 hari merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap VAP.

Kesimpulan: Faktor yang berpengaruh yakni usia, riwayat merokok, riwayat ARDS, dan durasi penggunaan ventilator ≥ 5 hari.

Kata kunci: ARDS, ICU, Merokok, Ventilator Associated Pneumonia, Ventilator Mekanik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ARDS, ICU, Merokok, Ventilator Associated Pneumonia, Ventilator Mekanik
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 23 Jun 2023 06:16
Last Modified: 23 Jun 2023 06:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13870

Actions (login required)

View Item View Item