Search for collections on Undip Repository

PENGALAMAN MENJADI LADIES COMPANION (LC) DI TEMPAT KARAOKE PADA WANITA EMERGING ADULTHOOD (SEBUAH PENELITIAN FENOMENOLOGIS DESKRIPTIF)

Lestari, Dita Indah and Alfaruqy, Muhammad Zulfa (2023) PENGALAMAN MENJADI LADIES COMPANION (LC) DI TEMPAT KARAOKE PADA WANITA EMERGING ADULTHOOD (SEBUAH PENELITIAN FENOMENOLOGIS DESKRIPTIF). Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Dita indah lestari.pdf

Download (35kB)

Abstract

Wanita usia emerging adulthood yang bekerja sebagai LC karaoke pada umumnya dihadapkan dengan berbagai macam masalah, contohnya adalah mengalami deskriminasi sosial serta rawan mengalami pelecehan seksual dari pelanggan karaoke. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengalaman menjadi LC di tempat karaoke pada wanita usia emerging adulthood. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu wanita yang bekerja sebagai LC di tempat karaoke, berusia 18-25 tahun dan bersedia menjadi subjek peneltian. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dan dianalisis menggunakan metode Descriptive Phenomenological Analysis (DPA). Berdasarkan hasil analisis ditemukan tujuh sintesis tema meliputi, (1) motivasi memilih pekerjaan, (2) tanggungan pekerjaan dan penghasilan, (3) relasi di tempat kerja, (4) relasi dengan keluarga, (5) sikap terhadap lingkungan, (6) makna pekerjaan, (7) orientasi masa depan. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa wanita LC mendapatkan stigma buruk dari masyarakat terhadap pekerjannya sebagai LC di tempat karaoke, di mana stigma tersebut dapat memengaruhi pemaknaan diri LC terhadap pekerjaannya yang akhirnya memunculkan dorongan bagi LC untuk meninggalkan pekerjaan tersebut.
Kata Kunci: emerging adulthood; LC; pengalaman; karaoke

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:27
Last Modified: 05 Feb 2024 02:27
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13867

Actions (login required)

View Item View Item