Search for collections on Undip Repository

KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA WANITA DEWASA AWAL YANG BEKERJA SEBAGAI TERAPIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF)

Suliyanto, Angelina Gabriella and Indriana, Yeniar (2023) KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA WANITA DEWASA AWAL YANG BEKERJA SEBAGAI TERAPIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak_Angelina Gabriella Suliyanto_15000119130181.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran psychological well being pada wanita dewasa awal yang bekerja sebagai terapis anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan didapatkan 3 partisipan yang merupakan wanita berusia dewasa awal, pernah mengalami kelelahan atau kondisi kesehatan mental yang kurang baik, dan bersedia diwawancarai. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara dan observasi dengan pendekatan in-depth interview menggunakan interview guide. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Penelitian ini menghasilkan 8 tema dan 2 tema khusus. Melalui penelitian ini, partisipan menceritakan pengalamannya bekerja sebagai terapis ABK. Tema dalam penelitian ini adalah gambaran pekerjaan sebagai terapis ABK, stres kerja, pengelolaan stres kerja, alasan memilih bekerja sebagai terapis ABK, pertumbuhan pribadi sebagai terapis ABK, dinamika dalam menghadapi masalah, kepuasan dalam bekerja, dan ketidakpuasan yang dialami. Untuk tema khusus yang ada dalam penelitian ini adalah kehamilan harus diterminasi dan pergeseran tulang belakang.
Kata kunci : terapis ABK, psychological well being, anak berkebutuhan khusus, analisis tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:52
Last Modified: 05 Feb 2024 03:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13864

Actions (login required)

View Item View Item