Search for collections on Undip Repository

Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa dan Bicara pada Anak Usia Prasekolah di TK ABA Melati, Candiroto, Temanggung

Saroya, Nur Laili (2023) Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa dan Bicara pada Anak Usia Prasekolah di TK ABA Melati, Candiroto, Temanggung. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover - Sebelum BAB I_Nur Laili Saroya.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB I_Nur Laili Saroya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
BAB II_Nur Laili Saroya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB III_Nur Laili Saroya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV_Nur Laili Saroya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB V_Nur Laili Saroya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI_Nur Laili Saroya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Nur Laili Saroya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
Lampiran_Nur Laili Saroya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Gadget telah menjadi sebuah teknologi yang dapat digunakan oleh segala rentang
usia termasuk anak usia sekolah. Penggunaan gadget yang terlalu dini pada anak
usia prasekolah dapat mengarah pada risiko terjadinya keterlambatan
perkembangan bahasa dan bicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa dan bicara
pada anak usia prasekolah di TK ABA Melati, Candiroto, Temanggung. Rancangan
penelitian ini berupa deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional
dengan teknik pengambilan sampel berupa total sampling sejumlah 125 pasang
orang tua dan anak usia prasekolah. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian
kuesioner intensitas penggunaan gadget dan pemeriksaan perkembangan bahasa
dan bicara. Sebagian besar anak usia prasekolah menggunakan gadget pada
intensitas sedang sebanyak 59 anak (47,2%) dan mayoritas anak memiliki
perkembangan bahasa dan bicara yang normal sebanyak 93 anak (74,4%). Hasil
analisis bivariat menggunakan uji Somer’s d menunjukkan nilai p-value = 0,000
(p<0,05) dan koefisien korelasi (dxy) = 0,383 yang berarti bahwa terdapat hubungan
antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan bahasa dan bicara. Oleh
karena itu, meskipun sebagian besar anak menggunakan gadget pada intensitas
sedang, namun disarankan bagi orang tua untuk tetap memperhatikan intensitas
penggunaan gadget anak untuk mencegah kemungkinan timbulnya masalah
kesehatan yang lain.
Kata Kunci: Gadget, Perkembangan Bahasa dan Bicara, Prasekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK
Date Deposited: 22 Jun 2023 08:24
Last Modified: 22 Jun 2023 08:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13852

Actions (login required)

View Item View Item