Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU FILTERING INFORMASI HOAKS KESEHATAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG

SHINTAWATI, DHEVI (2023) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU FILTERING INFORMASI HOAKS KESEHATAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DHEVI.pdf - Published Version

Download (312kB)

Abstract

Information filtering adalah sebuah studi terkait penyaringan sejumlah besar informasi dinamis dan menyampaikan kepada individu lain untuk memenuhi kebutuhan informasi. Penyebaran luas informasi palsu adalah dampak negatif dari kebebasan berekspresi untuk menghasilkan informasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku filtering informasi hoaks kesehatan melalui media sosial pada masyarakat di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk di Kota Semarang usia produktif dengan rentang usia 15-64 tahun dan menggunakan consecutive sampling didapatkan hasil 400 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner dengan pertanyaan tertutup dan disebar di berbagai platform media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa sebagian besar (50,8%) responden sudah melakukan filtering informasi hoaks kesehatan. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan (0,017), sikap (0,002), kemudahan akses informasi (0,000), paparan informasi (0,000), perilaku keluarga (0,001), perilaku teman sebaya (0,000), dan dukungan grup media sosial (0,000) dengan perilaku filtering informasi hoaks kesehatan. Hasil uji multivariat didapatkan perilaku teman sebaya sebagai variabel paling berpengaruh p-value 0,000 dan exp (B) 2,403. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan, sikap, kemudahan akses informasi, paparan informasi, perilaku keluarga, perilaku teman sebaya, dan dukungan grup media sosial memiliki hubungan terhadap perilaku filtering informasi hoaks kesehatan dan perilaku teman sebaya memiliki pengaruh paling besar dalam melakukan filtering informasi hoaks kesehatan. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah membuat iklan layanan masyarakat terkait pentingnya perilaku filtering informasi hoaks kesehatan dan di tayangkan melalui stasiun televisi lokal di Kota Semarang.
Kata kunci: Filtering informasi, hoaks, media sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:20
Last Modified: 22 Jun 2023 07:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13830

Actions (login required)

View Item View Item