Search for collections on Undip Repository

Perbandingan Pemberian Air Gula dan MaltodextrinPreoperasi terhadap Kadar Gula Darah Sewaktu dan C- Reactive Protein pada Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS)

Pradana, Okto Putra and WICAKSONO, SATRIO ADI and NURCAHYO, WIDYA ISTANTO (2023) Perbandingan Pemberian Air Gula dan MaltodextrinPreoperasi terhadap Kadar Gula Darah Sewaktu dan C- Reactive Protein pada Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRK-KTI)
ABSTRAK DR. OKTO.pdf

Download (655kB)

Abstract

Latar Belakang: C-Reactive Protein (CRP) merupakan faktor inflamasi yang meningkat saat pembedahan. Pemberian karbohidrat oral mengurangi resistensi insulin pasca operasi
dan meningkatkan pemulihan pasca operasi. Air gula dan maltodekstrin merupakan karbohidrat oral yang dapat diberikan pada pasien yang menjalani operasi.
Tujuan Penelitian: Membandingkan penggunaan air gula dan maltodekstrin preoperasi
terhadap kadar gula darah sewaktu (GDS) dan nilai CRP pada operasi Enhanced Recovery After Cesarean Section (ERACS).
Metode Penelitian: Randomized pre-test post-test design pada 48 pasien yang menjalani operasi ERACS di RSUP dr. Kariadi Semarang dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi.
Sampel dibagi menjadi 2 kelompok kontrol air gula preoperasi dan kelompok perlakuan maltodextrin preoperasi. Pemeriksaan kadar GDS dengan point of care testong dan CRP dengan teknik immunoassay, dilakukan sebelum operasi dan 2 jam pasca operasi. Seluruh sampel dianalisis untuk mendapatkan rata-rata dan standar deviasi dan dilakukan uji Mann�Whitney dengan nilai signifikan jika nilai p<0.05.
Hasil Penelitian: Maltodekstrin preoperasi memiliki hasil lebih baik yang signifikan terhadap kadar GDS sebelum dan 2 jam pasca operasi dengan nilai p = 0,003 dan p= 0,035.
Maltodekstrin preoperasi memberikan hasil lebih baik yang signifikan terhadap kadar CRP sebelum dan 2 jam pasca operasi dengan nilai p=0,12 dan p=0,001
Kesimpulan: Maltodekstrin secara bermakna memberikan hasil yang lebih baik terhadap GDS dan CRP sebelum dan paska operasi ERACS. Terdapat perbedaan bermakna GDS dan
CRP sebelum dan paska operasi setelah pemberian maltodekstrin pada ERACS.
Kata Kunci: Maltodekstrin, C-Reactive Protein, Enhanced Recovery After Cesarean Section, Gula darah sewaktu

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Maltodekstrin, C-Reactive Protein, Enhanced Recovery After Cesarean Section, Gula darah sewaktu
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 23 Jun 2023 08:26
Last Modified: 23 Jun 2023 08:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13811

Actions (login required)

View Item View Item