Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESEHATAN MENTAL MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO PADA MASA TRANSISI PANDEMI KE ENDEMI

LORENSA, EKA MERLIYANI CINDI (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESEHATAN MENTAL MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO PADA MASA TRANSISI PANDEMI KE ENDEMI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO EKA MERLIYANI.pdf - Published Version

Download (437kB)

Abstract

Latar belakang : Kesehatan mental meruapakan kondisi seseorang yang merasa dirinya mempunyai evaluasi diri dan mampu menghadapi masalah. Dampak yang paling dirasakan dengan adanya perubahan transisi pandemi ke endemi ialah adaptasi mahasiswa kuliah offline yang dulunya online kurang lebih 2 tahun. Hal ini membuat mahasiswa merasakan shock karena memiliki akivitas yang baru.
Tujuan : Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kesehatan mental mahasiswa Universitas Diponegoro pada masa transisi pandemi ke endemi.
Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan desain studi cross-sectional. Instrumen kuesioner berbentuk google form. Populasi penelitian 32.889 mahasiswa dan jumlah sampel 200 mahasiswa menggunakan rumus Lemeshow. Analisis data menggunakan uji chi-square yang dilakukan secara univariat dan bivariat.
Hasil : Karakteristik responden yang berhubungan dengan variabel kesehatan mental ialah tempat tinggal (p=0.005). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kesehatan mental adalah faktor biologis (p=0.000), faktor sosial budaya (p=0.000), faktor lingkungan (p=0.039) dan faktor psikologis (p=0.000).
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara faktor biologis, faktor sosial budaya, faktor lingkungan, faktor psikologis, dan tempat tinggal dengan kesehatan mental.

Kata Kunci : kesehatan mental; transisi pandemi ke endemi; faktor kesehatan mental

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Jun 2023 05:52
Last Modified: 22 Jun 2023 05:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13805

Actions (login required)

View Item View Item