Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Penggunaan Negative Pressure Wound Therapy Alternatif Terhadap Penyembuhan Ulkus Diabetikum Pedis yang Terinfeksi

Pratama, Alamsyah Nur and Hadi, Hadi (2023) Pengaruh Penggunaan Negative Pressure Wound Therapy Alternatif Terhadap Penyembuhan Ulkus Diabetikum Pedis yang Terinfeksi. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ALAMSYAH NUR PRATAMA-22010119130152-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (147kB)

Abstract

Latar Belakang: Ulkus diabetikum pedis adalah komplikasi diabetes mellitus yang dapat terjadi karena berbagai faktor. Ulkus diabetikum pedis merupakan luka kronis yang memerlukan perhatian lebih dalam penyembuhannya terutama karena berbagai komplikasi ulkus diabetikum yang berbahaya. Penggunaan Negative Pressure Wound Therapy memiliki kemungkinan penyembuhan lebih baik dibanding terapi konvensional Normal Saline Dressing namun pengadaan alatnya dirumah sakit serta perawatan pada pasien membutuhkan biaya yang cukup besar.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Penggunaan Negative Pressure Wound Therapy Alternatif terhadap penyembuhan ulkus diabetikum pedis yang terinfeksi.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian prospektif dengan desain randomized controlled trial. Sampel penelitian dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama atau perlakuan adalah pasien yang diberi perawatan Negative Pressure Wound Therapy Alternatif (n=13) sedangkan kelompok kedua atau control adalah pasien yang diberikan perawatan konvensional Normal Saline Dressing (n=13). Lalu dilakukan pengambilan data berupa lama kesembuhan infeksi, lama granulasi luka sepenuhnya, dan kecepatan pengurangan ukuran luka.
Hasil: Lama penyembuhan infeksi pada kelompok NPWT alternatif (1,69 ± 0,947 Minggu) lebih cepat daripada kelompok terapi konvesional (3,08 ± 2,019 Minggu). Lama waktu formasi granulasi 100% pada kelompok NPWT alternatif (3,00 ± 2,082 Minggu) dan kelompok terapi konvesional (3,85 ± 2,853 Minggu) tidak ada perbedaan signifikan. Kecepatan pengurangan ukuran luka pada kelompok NPWT alternatif (1,92 ± 1,71 Cm2/minggu) lebih cepat daripada kelompok terapi konvesional (0,98 ± 0,44 Cm2/minggu).
Kesimpulan: Negative Pressure Wound Therapy Alternatif memiliki kelebihan dalam lama penyembuhan infeksi luka dan kecepatan pengurangan ukuran luka. Namun, memiliki hasil lama formasi granulasi 100% yang tidak memiliki perbedaan signifikan.
Kata Kunci: Ulkus diabetikum pedis, Negative Pressure Wound Therapy, Penyembuhan luka ulkus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ulkus diabetikum pedis, Negative Pressure Wound Therapy, Penyembuhan luka ulkus.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:41
Last Modified: 22 Jun 2023 07:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13803

Actions (login required)

View Item View Item