Search for collections on Undip Repository

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJASEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Karyawan Kantor Direksi PT Perkebunan Tambi)

Ismailia, Leoni Bunga Intan Syifa (2023) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJASEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Karyawan Kantor Direksi PT Perkebunan Tambi). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas merupakan faktor penting dalam mencapai keberhasilan perusahaan. Dari data yang diperoleh, kinerja karyawan pada PT Perkebunan Tambi menunjukkan terjadinya fluktuasi hasil kinerja karyawan setiap tahunnya. Perusahaan telah berupaya melakukan pelatihan kerja dan motivasi kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan, namun belum berpengaruh secara spesifik terhadap optimalnya kinerja karyawan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 43 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yang merupakan Karyawan Kantor Direksi PT Perkebunan Tambi. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, serta studi pustaka. Tipe penelitian ini yaitu explanatory research yang diolah dengan software Smart PLS 3.3.3.
Berdasarkan hasil peneltian menunjukkan bahwa pelatihan kerja memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, variabel kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja tidak memediasi pengaruh pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan sebagai variabel intervening, dan kepuasan kerja juga tidak memediasi pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan sebagai variabel intervening.
Berdasarkan hasilpenelitian tersebut diajukan saran perlu meningkatkan kinerja karyawan dengan lebih selektif dalam memilih instruktur, meriset kembali karyawan yang membutuhkan pelatihan, mengadakan pelatihan secara rutin untuk meningkatkan kemampuan karyawan sehingga akan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan yang kemudian akan mempengaruhi kinerja karyawan.

Kata Kunci : Pelatihan Kerja, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:39
Last Modified: 21 Jun 2023 08:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13753

Actions (login required)

View Item View Item