Search for collections on Undip Repository

Analisis Kebijakan Pengelolaan Sampah di Kabupaten Banyumas

PUTRANTO, FARIH RIZQI (2022) Analisis Kebijakan Pengelolaan Sampah di Kabupaten Banyumas. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (463kB)
[img] Text
BAB II_fARIH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (148kB)
[img] Text
Lampiran .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

Kebijakan selalu melekat pada setiap kehidupan bernegara. Kebijakan yang baik adalah yang mampu menyelesaikan persoalan dengan cermat termasuk dalam kebijakan pengelolaan sampah. Semakin banyak jumlah populasi manusia semakin banyak jumlah sampah yang dihasilkan dan apabila tidak dapat dikelola dengan baik permasalahan akan semakin kompleks. Kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas masih belum menemukan solusi yang konkrit terhadap persoalan sampah baik dari timbulan dan permasalahan tindak lanjutnya.
Penelitian ini adalah analisis kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas dengan tujuan menganalisis dan merekomendasikan alternatif kebijakan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik snowball sampling dalam menentukan informan dengan key informan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas. Teori yang digunakan adalah teori analisis kebijakan dari Bardach (dalam Tumanggor, 2018) yaitu menemukan formulasi masalah, menentukan tujuan dan sasaran, mengidentifikasi parameter kebijakan, mencari alternatif kebijakan, menilai alternatif kebijakan, dan merekomendasikan kebijakan. Parameter kebijakan yang dipilih dalam menentukan penilaian terhadap alternatif kebijakan menggunakan kriteria Patton Sawicky (dalam Yuniningsih, 2015) yaitu kelayakan teknis, kemampuan ekonomi dan finansial, kelayakan politik, dan kemampuan administratif..
Hasil penelitian menemukan permasalahan yang ada adalah tidak tersedianya TPA, Tidak adanya TPST yang memadai, Kurangnya komitmen masyarakat, dan tidak berhasilnya kebijakan pengelolaan sampah memenuhi target. Penelitian ini merekomendasikan agar Pemerintah Kabupaten Banyumas dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah berbasis sumber serta merekomendasikan kebijakan yang diperlukan adalah pengembanganhangar dan TPST di tingkat Kecamatan sebagai metode pengelolaan sampah yang berbasis pada sumbernya.

Kata Kunci : Analisis Kebijakan, Pengelolaan Sampah, Rekomendasi Kebijakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:11
Last Modified: 20 Jun 2024 02:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13748

Actions (login required)

View Item View Item