Search for collections on Undip Repository

ANALISIS AGEN PELAKSANA IMPLEMENTASI PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM NO. 6 TAHUN 2020 PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PILKADA KOTA MEDAN TAHUN 2020

AUZAN, OK. NADHIL (2022) ANALISIS AGEN PELAKSANA IMPLEMENTASI PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM NO. 6 TAHUN 2020 PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PILKADA KOTA MEDAN TAHUN 2020. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover Ok Nadhil.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
Bab 1_Ok Nadhil.pdf - Submitted Version

Download (891kB)
[img] Text
Bab 2_Ok Nadhil.pdf - Submitted Version

Download (360kB)
[img] Text
Bab 3_Ok Nadhil.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4_Ok Nadhil.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
DAPUS OK NADHIL.pdf - Submitted Version

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN Ok Nadhil.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah di tengah Pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara pemilu tingkat daerah, yaitu Komisi Pemilihan Umum, salah satunya di Kota Medan Dimulai dari adanya perubahan waktu pelaksanaan Pilkada, hingga kewajiban untuk memastikan pesta demokrasi lancar dengan melaksanakan protokol kesehatan, menghadirkan sejumlah tantangan, khususnya dalam pelaksanaan Pilkada Kota Medan. Dalam penelitian ini, penulis akan melakukan penelitian menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif untuk dapat melakukan penelitian secara mendalam terkait dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kota Medan. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa implementasi kebijakan PKPU No. 6 Tahun 2020 pada KPU Kota Medan sudah baik dengan sedikit temuan, yaitu dalam aspek sumber daya, implementasi PKPU No.6 Tahun 2020 sempat mengalami kendala karena adanya peningkatan anggaran pada pemenuhan protokol kesehatan yang belum terencana sebelumnya. Selain itu, KPU sebagai aktor merupakan aktor utama yang memiliki peran signifikan dalam pelaksanaan Pilkada di Kota Medan. Dalam hal penyesuaian yang dilakukan pada pilkada Kota Medan tahun 2020 ialah terkait adanya pembatasan jumlah orang dan pemberian sanksi bagi pasangan calon apabila menghadirkan kerumunan pada setiap tahapan Pilkada.

Kata kunci: Pemilihan Kepala Daerah, Peran Aktor, danAdaptasi Kebijakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:48
Last Modified: 12 Jun 2024 10:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13732

Actions (login required)

View Item View Item