Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Usia Ibu dan Kebiasaan Konsumsi Fast Food (Makanan Cepat Saji) dengan Kejadian Hipertensi Kehamilan pada Ibu Hamil di Puskesmas Kota Semarang

Basoeki, Lauw Eunike Azalia Septianawati and Pramono, Adriyan and Rahadiyanti, Ayu and Nur Afifah, Diana Hubungan antara Usia Ibu dan Kebiasaan Konsumsi Fast Food (Makanan Cepat Saji) dengan Kejadian Hipertensi Kehamilan pada Ibu Hamil di Puskesmas Kota Semarang. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Lauw Eunike.pdf

Download (186kB)

Abstract

Latar belakang : Kehamilan merupakan masa kritis yang mempengaruhi kesehatan ibu dan anak. Risiko komplikasi kehamilan akan rendah bila pertambahan berat badan sebelum melahirkan memadai. Data Dinkes Kota Semarang menunjukkan penyebab kematian ibu karena hipertensi cenderung meningkat, dimana sebanyak 35% ibu meninggal karena hipertensi.
Tujuan : untuk mengkaji hubungan usia ibu dan kebiasaan konsumsi makanan cepat saji sebagai faktor risiko terjadinya hipertensi pada ibu hamil.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian gizi masyarakat dengan desain cross sectional. Penelitian ini menggunakan subjek 80 ibu hamil dengan status gizi lebih di trimester II dan III yang diambil dengan metode purposive sampling. Penelitian dilakukan di Puskesmas Srondol, Ngesrep, dan Padangsari. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara langsung menggunakan kuesioner. Berat badan diukur langsung melalui antropometri. Tekanan darah dilihat dari buku KIA. Analisis bivariat dilakukan dengan metode chi square dan multivariat dengan regresi logistik.
Hasil : Hasil analisis bivariat menunjukkan usia ibu hamil tidak berhubungan dengan kejadian hipertensi kehamilan (p=0,749). Frekuensi konsumsi makanan cepat saji berhubungan dengan kejadian hipertensi kehamilan (p=0,003), namun tidak meningkatkan risiko HDK (PR=0,242). Hal ini berhubungan dengan riwayat HDK yang meningkatkan risiko 4,75 kali lebih besar (p=0,02), karena pada penelitian ini ibu hamil dengan riwayat atau diagnosis HDK sudah membatasi asupan makanan cepat sajinya.
Simpulan : Usia tidak berhubungan dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil, sedangkan makanan cepat saji tidak meningkatkan risiko hipertensi pada ibu hamil karena pada penelitian ini ibu hamil cenderung membatasi asupan makanan cepat saji.

Kata kunci : kehamilan, hipertensi kehamilan, makanan cepat saji, usia ibu hamil

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:56
Last Modified: 21 Jun 2023 04:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13722

Actions (login required)

View Item View Item