Search for collections on Undip Repository

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) DI NAGARI BALIMBING, KECAMATAN RAMBATAN, KABUPATEN TANAH DATAR, SUMATERA BARAT

FEBRIANI, FEBRIANI (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) DI NAGARI BALIMBING, KECAMATAN RAMBATAN, KABUPATEN TANAH DATAR, SUMATERA BARAT. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (408kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (351kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (135kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (924kB)

Abstract

Kemiskinan masih menjadi persoalan bagi setiap negara di dunia, termasuk jugaIndonesia. Alternatif tindakan yang bisa dilakukan salah satunya dengan pemberdayaan kepada masyarakat melalui program KUBE. Satu diantaranyadi daerah Jorong Bukit Tamasu, Nagari Balimbing yang dinamai dengan KUBE Palano Jaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan pemberdayaan kepada kelompok penerima bantuan KUBE di Jorong Bukit Tamasu, Nagari Balimbing dan menganalisis dampak yang ditimbulkan setelah adanya pemberdayaan kepada kelompok penerima bantuan KUBE di Jorong Bukit Tamasu, Nagari Balimbing. Aspek yang diteliti adalahpelaksanaannya meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pengembangan usaha, tahap terminasidan dampaknya meliputi dampak positif, output, dan outcome. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian inimenunjukkanbahwa KUBE Palano Jaya masih dalam tahap berkembang karena usaha yang dilakukan masih dalam lingkup yang kecil. Selain itu dalam keberlanjutan pengembangan usaha KUBE Palano Jaya sendiri belum ada rencana kedepannya. Oleh karenanya, hanya menjalankan usahanya yang saat ini yaitu nya simpan pinjam anggota dan sewa kipas padi. Dampak yang ditimbulkan setelah adanya bantuan kepada KUBE Palano Jaya belum bisa membantu memenuhi kebutuhan anggota kelompok secara maksimal. Sarannya adalahperlu memahami lebih lanjut mengenai bantuan KUBE oleh dinas sosial dan pendamping KUBE, perlu adanya transparansi pelaksanaan, perlu adanya pemberian motivasi kepada anggota KUBE, melakukan monitoring yang teratur, memberikan evaluasi dalam bentuk ide atau masukan, melakukan diskusi antara pendamping dengan anggota KUBE Palano Jaya, dan menerapkan manajemen pengelolaan dalam melakukan pendampingan.
Kata Kunci : Kemiskinan, Pemberdayaan Masyarakat, Dampak, KUBE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:31
Last Modified: 11 Jun 2024 04:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13672

Actions (login required)

View Item View Item