Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA WORK-STUDY CONFLICT DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA YANG BEKERJA PARUH WAKTU DI KAFE KOTA SEMARANG

Rahmatullah, Nur Rifky and Fatmasari, Agustin Erna (2023) HUBUNGAN ANTARA WORK-STUDY CONFLICT DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA YANG BEKERJA PARUH WAKTU DI KAFE KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak Nur Rifky Rahmatullah_15000119130143.pdf

Download (348kB)

Abstract

Mahasiswa yang bekerja cenderung mengalami kesulitan dalam menjalani dua peran dalam satu waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara work-study conflict dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu di kafe Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang bekerja paruh waktu di Kota Semarang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 60 orang. Penelitian ini menggunakan skala work-study conflict (37 aitem, α = 0,941) dan skala motivasi berprestasi (31 aitem, α = 0,921). Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi pearson dengan koefisien korelasi sebesar rxy= -0,587 dan p = 0,000 (p<0,01). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara work-study conflict dengan motivasi berprestasi. Hal ini berarti semakin tinggi work-study conflict maka semakin rendah motivasi berprestasi, semakin rendah work-study conflict maka semakin tinggi motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:02
Last Modified: 05 Feb 2024 04:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13602

Actions (login required)

View Item View Item