Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN FASILITAS KESELAMATAN DI RUMAH SAKIT X BERDASARKAN KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NO. 1128 TAHUN 2022

RABBANI, AZHAR ZAIN (2023) ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN FASILITAS KESELAMATAN DI RUMAH SAKIT X BERDASARKAN KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NO. 1128 TAHUN 2022. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AZHAR.pdf - Published Version

Download (363kB)

Abstract

Perlindungan keselamatan pasien, keluarga, pengunjung. serta karyawan rumah sakit perlu didukung oleh fasilitas dan lingkungan rumah sakit yang aman dan berfungsi baik. Untuk memenuhi persyaratan tersebut, perlu adanya manajemen fasilitas dan keselamatan rumah sakit. Tujuan utama dari standar Manajemen Fasilitas dan Keselamatan adalah untuk memastikan bahwa rumah sakit menawarkan lingkungan yang mendukung, fungsional, dan aman bagi pasien, keluarga, karyawan, dan pengunjung. Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya komitmen di Rumah Sakit X terkait pentingnya MFK sehingga tidak menjadi perhatian manajemen rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem proteksi kebakaran serta penanganan kedaruratan bencana di Rumah Sakit X. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan observasional. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan subjek penelitian, melakukan observasi lapangan, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum adanya pemahaman dan kesesuaian terhadap penerapan proteksi kebakaran. Sedangkan penerapan penanganan kedaruratan bencana sudah sesuai dan paham dengan MFK di Rumah Sakit X.
Kata kunci: Manajemen Fasilitas Keselamatan, Proteksi Kebakaran, Penanganan Kedaruratan Bencana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:04
Last Modified: 19 Jun 2023 04:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13596

Actions (login required)

View Item View Item