Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR KETIDAKBERHASILAN IMPLEMENTASI PROGRAM SIDEKEM (SISTEM INFORMASI DESA DAN PEMBANGUNAN KAWASAN PERDESAAN) DI KABUPATEN PEMALANG

Rahmawati, Yulia Dwi (2023) FAKTOR-FAKTOR KETIDAKBERHASILAN IMPLEMENTASI PROGRAM SIDEKEM (SISTEM INFORMASI DESA DAN PEMBANGUNAN KAWASAN PERDESAAN) DI KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (659kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (588kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Implementasi Sistem Informasi Desa (SID) melalui SIDEKEM merupakan program inovasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pengelolaan sumber daya di tingkat daerah maupun desa agar dapat menyediakan informasi data desa yang bersifat bebas dan terbuka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data kemudian menganalisis faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ketidakberhasilan implementasi SID melalui program SIDEKEM di Kabupaten Pemalang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori model implementasi kebijakan menurut Edward III untuk menganalisis implementasi kebijakan berdasarkan beberapa faktor penting yaitu sumber daya, komunikasi, disposisi, dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan ketidakberhasilan implementasi SIDEKEM di Kabupaten Pemalang yaitu belum tersedianya SDM kusus yang berkompeten untuk mengoperasikan SIDEKEM, minimnya anggaran dan fasilitas untuk menunjang operasional SIDEKEM, serta terdapat permasalahan sengketa wewenang dalam pelaksanaan. Hal tersebut mengakibatkan tingkat kepatuhan Desa terhadapSOP yang telah ditetapkan sangat rendah.
Peneliti memberikan saranagar di setiap Desadapat memiliki SDM khusus dan DINPERMASDESmelakukan peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan kepada admin desa.Selain itu, memberikan sanksi terhadap desa yang tidak mengimplementasikan SIDEKEM agar dapat termotivasi untuk memenuhi standard dan tujuan program SIDEKEM, serta memaksimalkan anggaran untuk operasional dalam implementasi program SIDEKEM di Kabupaten Pemalang. Selain itu, peneliti juga memberikan ssaran agar program SIDEKEM ini dapat ditinjau ulang mengenai keefektifan program untuk tetap dilaksanakan.

Kata Kunci: Implementasi, Sistem Informasi Desa, SIDEKEM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:30
Last Modified: 19 Jun 2023 02:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13587

Actions (login required)

View Item View Item