Search for collections on Undip Repository

SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN 2019-2020 DI KOTA SEMARANG

Sari, Fida Fitria Sekar (2023) SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN 2019-2020 DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (656kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (85kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

Permasalahan pendidikan adalah hal yang harus ditangani oleh pemerintah terutama diskriminasi dan perbedaan stigma antar sekolah. Kementerian pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan peraturan mengenai penerimaan peserta didik baru sistem zonasi. Peraturan tersebut diterbitkan dengan fungsi dan tujuan perihal pemerataan pendidikan dan penerimaan peserta didik berdasarkan zonasi wilayah. Pemerataan pendidikan yang dimaksudkan ialah pemerataan dari sisi keadilan dan kualitas.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori dan sumber data untuk menjawab rumusan masalah.
Dari hasil analisis penelitian pelaksanaan PPDB zonasi SMA di Kota Semarang baik di tahun 2019 dan 2020 mulai dari penetapan zonasi, pengumuman PPDB, pendaftaran, seleksi, sampai pengumuman hasil dilaksanakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan SMA Negeri di Kota Semarang baik secara tatap muka dan daring. Tetapi terdapat permasalahan yang timbul dari pelaksanaan kebijakan ini karena persyaratan PPDB yang memprioritaskan jarak dan umur dibanding nilai serta permasalahan eksternal dari sistem error, kurang akuratnya jarak pada aplikasi, tanggapan dari dinas kurang responsif, kurangnya sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dalam dinas pendidikan provinsi Jawa Tengah, dan sebagainya.
Tujuan mewujudkan kondisi kelas yang homogen berhasil dan menampung siswa yang dekat dengan sekolah. Tetapi prinsip keadilan belum terpenuhi. Masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan PPDB SMA Negeri di KotaSemarang, Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah juga mengakui belum idealnya zonasi terlebih keterbatasan SDM dalam melayani keluhan masyarakat. Serta tunduk pada aturan pusat karena pihak dinas bertugas sebagai pelaksana.
Kata Kunci : Kebijakan Publik, Pendidikan, Sistem Zonasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Jun 2023 05:13
Last Modified: 16 Jun 2023 05:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13552

Actions (login required)

View Item View Item