Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN SHIFT WORK DISORDER (SWD) DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN INJEKSI OTOMATIS PT X KABUPATEN JEPARA

DINA, AULYA ULFATAD (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN SHIFT WORK DISORDER (SWD) DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN INJEKSI OTOMATIS PT X KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AULYA ULFARAD.pdf - Published Version

Download (498kB)

Abstract

Shift Work Disorder (SWD) merupakan gangguan tidur pada pekerja shift yang tidak berhasil melakukan penyesuaian ritme sirkadian dengan jadwal shift yang tumpang tindih dengan waktu tidur. Gangguan tersebut dapat menyebabkan defisit tidur dan gangguan fungsi kognitif yang meningkatkan risiko kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik individu dengan SWD serta hubungan antara SWD dengan kecelakaan kerja sebagai upaya untuk mendeskripsikan populasi rentan dan menemukan urgensi dari SWD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan 48 pekerja di bagian injeksi otomatis PT X Kabupaten Jepara. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan melibatkan penggunaan Epworth Sleepiness Scale dan Insomnia Severity Index. Analisis data menggunakan uji Chi Square dan Fisher’s Exact dengan nilai α 0,05. Hasil penelitian ini menemukan prevalensi responden yang mengalami SWD sebesar 41,7%. Penelitian ini juga menemukan ada hubungan antara masa kerja (p = 0,014) dan konsumsi kopi (p = 0,020) dengan SWD serta ada hubungan antara SWD dengan kecelakaan kerja (p = 0,002) Saran bagi perusahaan yaitu menerapkan sistem shift sesuai dengan kriteria ergonomis, sementara saran bagi pekerja yaitu menghindari cahaya matahari dalam perjalanan pulang setelah bekerja shift malam dan menerapkan kebiasaan sleep hygiene untuk mempermudah adaptasi ritme sirkadian.

Kata kunci : Shift Work Disorder, ritme sirkadian, kecelakaan kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:03
Last Modified: 16 Jun 2023 03:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13549

Actions (login required)

View Item View Item