Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DERAJAT DRY EYE SYNDROME PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI SEKITAR KAMPUS UNDIP TEMBALANG, KOTA SEMARANG

DAMAYANTI, ABINA (2023) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DERAJAT DRY EYE SYNDROME PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI SEKITAR KAMPUS UNDIP TEMBALANG, KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ABINA.pdf - Published Version

Download (493kB)

Abstract

Ojek online merupakan alat transportasi masa kini yang juga menawarkan berbagai jenis layanan selain mengangkut penumpang. Pengemudi ojek online senantiasa bekerja di luar ruangan sehingga berisiko terpapar oleh polusi udara, angin, iklim kering dan panas. Paparan tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata, salah satunya adalah dry eye syndrome (DES) atau sindrom mata kering. DES merupakan kondisi berkurangnya fungsi air mata yang menyebabkan permukaan mata tidak dapat dilumasi oleh air mata. Penelitian ini akan menganalisis hubungan faktor usia, durasi kerja, masa kerja, serta penggunaan visor helm terhadap kejadian DES pada pengemudi ojek online di sekitar kampus UNDIP Tembalang. Penelitian ini adalah penelitian dengan jenis observasional analitik yang memiliki desain studi cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pengemudi ojek online aktif dengan sampel yang diambil sebanyak 54 orang. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner untuk setiap variabel bebas dan kuesioner ocular surface disease index (OSDI) untuk mengukur derajat keluhan DES. Hasil analisis penelitian menggunakan uji statistik chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara faktor usia (p = 0,013), durasi kerja (p = 0,001), dan penggunaan visor helm (p = 0,001) dengan derajat keluhan DES pada pengemudi ojek online di sekitar kampus UNDIP Tembalang. Sementara itu, tidak terdapat hubungan antara masa kerja dengan derajat keluhan DES (p = 0,406). Penggunaan visor helm setiap berkendara dapat mengurangi paparan langsung dengan faktor lingkungan penyebab DES. Selain itu, penggunaan lubrikan/tetes mata dapat menangani gejala DES sementara.

Kata kunci: dry eye syndrome, ojek online, visor helm, durasi kerja, masa kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 14 Jun 2023 08:20
Last Modified: 14 Jun 2023 08:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13484

Actions (login required)

View Item View Item