Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA MAHASISWA ORGANISATORIS FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Hazna, Arifah Lintang and Mujiasih, Endah (2023) HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA MAHASISWA ORGANISATORIS FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Repository_Arifah Lintang Hazna_15000119120011.pdf

Download (372kB)

Abstract

Organisasi mahasiswa saat ini dianggap penting untuk mengembangkan soft skill yang dimiliki sebagai bekal dalam dunia kerja. Ketika tergabung dalam sebuah organisasi, mahasiswa perlu memiliki menjaga kualitas dan kuantitas produk organisasi dengan menjaga loyalitas yang dimiliki, hal tersebut mengharuskan mahasiswa untuk memiliki komitmen organisasi yang membuatnya tetap bertahan dan menjalankan tugas dalam sebuah organisasi. Namun, fenomena yang terjadi di lapangan menunjukkan bahawa komitmen organisasi yang dimiliki mahasiswa masih rendah karena masih sering lalai akan tugas yang diemban karena banyaknya tugas perkuliahan yang dimiliki. Komitmen organisasi tersebut dapat terwujud apabila mahasiswa organisatoris memiliki ketahanan dalam menghadapi kesulitan atau hal yang tidak menyenangkan, ketahanan tersebut disebut dengan resiliensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara resiliensi dengan komitmen organisasi pada mahasiswa organisatoris Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Penelitian ini melibatkan mahasiswa organisatoris Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang tersebar di berbagai macam organisasi (N=195) sebagai sampel penelitian yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui Skala Resiliensi (33 butir, α=0,934) dan Skala Komitmen Organisasi (33 butir, α=0,957). Analisis data dilakukan dengan teknik non parametrik Spearman’s Rho. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hubungan antara resiliensi dan komitmen organisasi bersifat positif dan signifikan (rs = 0.822, p = <0.001). Semakin tinggi resiliensi, maka semakin tinggi komitmen organisasi. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah resiliensi, semakin rendah komitmen organisasi.

Kata kunci : resiliensi; komitmen organisasi; mahasiswa organisatoris

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:20
Last Modified: 05 Feb 2024 08:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13451

Actions (login required)

View Item View Item