Search for collections on Undip Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI APLIKASI E-OPEN DI KOTA BEKASI TAHUN 2022

Damayanthi, Shavira Putri (2023) ANALISIS IMPLEMENTASI APLIKASI E-OPEN DI KOTA BEKASI TAHUN 2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (586kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (971kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi aplikasi e-open di Kota Bekasi tahun 2022 tercakup dalam penelitian ini. Tujuan studi ini ialah untuk menginformasikan masyarakat umum tentang bagaimana aplikasi e-open diimplementasikan.
Dalam penelitian ini, metodologi kualitatif digunakan. Purposive sampling digunakan dalam wawancara semi-terstruktur untuk mengumpulkan data. Penelitian ini juga memanfaatkan studi pustaka sebagai bukti pendukung. Reduksi data, tampilan data, dan pengambilan kesimpulan ialah bagian dari analisis data. Penelitian ini menerapkan teori Edward III mencakup struktur birokrasi, komunikasi, sumber daya, dan disposisi.
Pada awal tahun 2020 Disdukcapil meluncurkan aplikasi administrasi kependudukan yaitu e-open, aplikasi ini muncul berbarengan dengan pandemic covid-19yang mana masyarakat tidak harus mendatangi Kantor Dinas karena segala pengajuan dan pengumpulan berkas diunggah melalui apliaksi e-open. Dokumen Kependudukan yang telah jadi dapat langsung diambil ditempat sejalan terhadap jadwal pengambilan yang dipilih melalui aplikasi. Melalui aplikasi e-open, anggota masyarakat dapat dengan mudah mendaftarkan permohonan administrasi kependudukan dari mana saja dan kapan saja. Aplikasi e-open memudahkan petugas dan masyarakat umum.
Penelitian ini menunjukan bahwa implementasi aplikasi e-open sudah berjalan sebagaimana mestinya dan didukung oleh implementor e-open yang berperan dalam melaksanan aplikasi e-open, namu pada pelaksanana e-open masih terdapat permasalahan yaitu sosialisasi mengenai e-open tidak secara meluas kepada masyarakat karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya e-open.
Kata kunci: Implementasi, Aplikasi e-open, Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:08
Last Modified: 13 Jun 2023 04:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13447

Actions (login required)

View Item View Item