Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, KELELAHAN KERJA, REWARD, DAN PUNISHMENT DENGAN UNSAFE ACTION PADA PEKERJA BENGKEL MOTOR CUSTOM CV X KOTA BEKASI

SAPUTRA, AKBAR RAMADHAN (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, KELELAHAN KERJA, REWARD, DAN PUNISHMENT DENGAN UNSAFE ACTION PADA PEKERJA BENGKEL MOTOR CUSTOM CV X KOTA BEKASI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AKBAR.pdf - Published Version

Download (499kB)

Abstract

Unsafe action adalah tindakan yang berpotensi menyebabkan bahaya atau cedera karena tidak mematuhi aturan keselamatan atau mengabaikan risiko yang ada seperti bercanda, mengobrol, merokok, bekerja tergesa-gesa, dan tidak menggunakan APD. Latar belakang penelitian ini yaitu berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan Sebagian pekerja masih melakukan tindakan tidak aman saat bekerja. tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan karakteristik individu, kelelahan kerja, reward, dan punishment dengan unsafe action pada pekerja bengkel motor custom CV X Kota Bekasi . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei analitik melalui pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 35 pekerja bengkel motor custom dengan instrumen penelitian berupa kuesioner baku dari SNI 7269:2009 dan IFRC, Jepang. Analisis data penelitian ini dengan univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitan terdapat hubungan antara pengetahuan (p-0,0025), sikap (p-0,015) ,dan kelelahan Kerja (p-0,014) dengan Unsafe Action pada pekerja bengkel motor custom CV X Kota Bekasi. Sementara itu tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara usia (p-0,486), masa Kerja (p-0,241),tingkat Pendidikan (p-417),reward (p-918), dan punishment (p-433) dengan unsafe action.
Kata kunci : unsafe action;kelelahan kerja; reward; punishment; karakteristik individu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:57
Last Modified: 13 Jun 2023 03:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13446

Actions (login required)

View Item View Item