Search for collections on Undip Repository

PREFERENSI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG SUSU UHT ULTRA MILK FLAVOUR PADA KONSUMEN GENERASI Z (STUDI KASUS: MAHASISWA S1 UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG)

Santoso, Fellicia Etano and Prastiwi, Wahyu Dyah and Mukson, Mukson (2023) PREFERENSI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG SUSU UHT ULTRA MILK FLAVOUR PADA KONSUMEN GENERASI Z (STUDI KASUS: MAHASISWA S1 UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover.pdf - Cover Image

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (244kB)

Abstract

Persaingan kompetitif antara produsen susu mendorong perusahan untuk terus
berinovasi serta peduli terhadap preferensi dan faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian pada konsumen. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus
- November 2022. Penelitian dilakukan dengan pendekatan metode studi kasus.
Pengambilan sampel digunakan metode purposive sampling dengan kriteria umur
18-22 tahun, pernah mengkonsumsi susu Ultra Milk Flavour jenis UHT, frekuensi
pembelian minimal satu kali dalam satu minggu terakhir. Jumlah sampel sebanyak
150 orang. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, Conjoint Analysis, dan
regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen mahasiswa
generasi Z didominasi oleh perempuan (67%) dan berusia 20 tahun (40%), tingkat
pendapatan dengan rentang >Rp 500.000-1.000.000 (45,33%), kesadaran terhadap
minum susu penting (34%), tingkat pemahaman nilai gizi pada skala 7 (cukup
paham), dan jenis susu yang paling dikonsumsi yaitu susu jenis UHT dalam
kemasan (78,66%) dengan frekuensi pembelian seminggu sekali (46%), lokasi
pembelian di minimarket (98%). Preferensi susu Ultra Milk Flavour yang paling
disukai oleh konsumen yaitu rasa cokelat dengan kemasan berukuran 250 ml dan
harga ≤ Rp 5.000 dengan atribut yang paling diprioritaskan konsumen generasi Z
yaitu rasa. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan secara simultan variabel citra
merek, brand ambassador, pendapatan, dan harga berpengaruh terhadap keputusan
pembelian susu Ultra Milk Flavour pada konsumen generasi Z, sedangkan secara
parsial yang berpengaruh hanya variabel brand ambassador.
Kata kunci: analisis konjoin, duta merek, pembelian ulang, preferensi, susu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: analisis konjoin, duta merek, pembelian ulang, preferensi, susu
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:20
Last Modified: 16 Jan 2024 07:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13441

Actions (login required)

View Item View Item