Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN HIGIENE SANITASI PENGELOLAAN PANGAN PADA KANTIN SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN KELAPA DUA WETAN, KECAMATAN CIRACAS, JAKARTA TIMUR

EKAVIANI, AVIFAH TAJIMAS (2023) PENERAPAN HIGIENE SANITASI PENGELOLAAN PANGAN PADA KANTIN SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN KELAPA DUA WETAN, KECAMATAN CIRACAS, JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AVIFAH.pdf - Published Version

Download (432kB)

Abstract

Anak-anak sering sekali menjadi korban penyakit bawaan makanan di sekolah. Kasus keracunan makanan atau kontaminasi makanan di sekolah dasar meningkat. Penting sekali peran hygine dan sanitasi makanan di sekolahan dalam rangka menjamin keamanan makanan. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan penerapan higiene sanitasi pengelolaan pangan pada kantin Sekolah Dasar di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah 9 Kantin Sekolah Dasar (5 Negeri dan 4 Swasta) di wilayah Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur dengan total 22 penjamah makanan. Sampel penelitian ini adalah 7 Kantin Sekolah Dasar (5 Negeri dan 2 Swasta) di wilayah Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur dengan total 20 penjamah makanan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, kuesioner, dan uji laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan kondisi bangunan kantin pada 5 sekolah (71%) tidak memenuhi syarat, kondisi fasilitas sanitasi pada 4 sekolah (57%) tidak memenuhi syarat, praktik higiene sanitasi pada 13 penjamah makanan (65%) memenuhi syarat, kondisi sanitasi pangan pada 7 sekolah (100%) memenuhi syarat, pelaksanaan kegiatan pengawasan pada 7 sekolah (100%) terlaksana dengan baik, serta kandungan mikrobiologi (E.coli) pada makanan yang dijajakan di 7 sekolah (100%) sudah memenuhi syarat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah higiene sanitasi pengelolaan pangan pada kantin Sekolah Dasar di Kelurahan Kelapa Dua Wetan belum sepenuhnya memenuhi syarat yang sudah ditetapkan pada Permenkes RI No.1096 tahun 2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga. Oleh karena itu, pihak sekolah perlu meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung peningkatan higiene sanitasi pengelolaan pangan pada kantin sekolah, bekerjasama dengan pihak puskesmas untuk rutin mengadakan penyuluhan terkait higiene sanitasi penjamah makanan tiap tahunnya agar pengetahuan dan awareness penjamah makanan terhadap pentingnya menjaga higiene sanitasi dan menggunakan APD saat bekerja.

Kata Kunci : Higiene, Sanitasi, Kantin, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:48
Last Modified: 12 Jun 2023 06:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13411

Actions (login required)

View Item View Item