YUMANDA, DEVIRA NABILA (2022) ANALISIS INOVASI PELAYANAN KESEHATAN CAGEUR JASA (COLABORASI KUNJUNGAN RUMAH TERINTEGRASI KELUARGA SEHAT) OLEH DINAS KESEHATAN KOTA TANGERANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (333kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (532kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (286kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (192kB) |
Abstract
Inovasi Pelayanan Kesehatan Cageur Jasa dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan-permasalahan pada sektor kesehatan yang membuat Dinas Kesehatan Kota Tangerang meluncurkan suatu inovasi yaitu inovasi Cageur Jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses inovasi, manfaat inovasi, faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan inovasi. Tipe penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan proses pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap informan, studi pustaka, dokumentasi dan observasi. Penelitian menggunakan teori proses keputusan inovasi dari Everett Rogers, teori manfaat inovasi dari Richard, teori faktor pendukung dari Clark dan faktor penghambat dari Albury. Hasil penelitian menunjukkan proses inovasi yaitu pada tahap keputusan, implementasi dan konfirmasi belum sesuai dengan tahapan proses inovasi yang seharusnya dipenuhi dan masih terdapat permasalahan dalam pelaksanaannya. Kemanfaatan Cageur Jasa belum maksimal dalam pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi untuk masyarakat. Faktor pendukung yaitu dorongan politik dan tekanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Faktor-faktor penghambat yaitu dalam pelaksanannya ada pada keengganan menutup program gagal, ketergantungan berlebih terhadap high performer, teknologi ada, terhambat budaya dan penataan organisasi, tidak ada penghargaan dan insentif, dan tekanan atau hambatan administratif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses inovasi belum ideal, belum optimal dalam memberikan manfaat dan terdapat faktor pendukung serta penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan inovasi.
Kata Kunci : Inovasi, Proses Inovasi, Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:23 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:23 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13361 |
Actions (login required)
View Item |