Search for collections on Undip Repository

PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, E-HARGA DAN E-KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP E-KEPUTUSAN MENGGUNAKAN APLIKASI TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG

HAFIZH, KHAIDAR (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, E-HARGA DAN E-KEBERAGAMAN PRODUK TERHADAP E-KEPUTUSAN MENGGUNAKAN APLIKASI TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1. Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
3. Bab II.pdf - Submitted Version

Download (336kB)
[img] Text
4. Bab III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (101kB)
[img] Text
7. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perubahan zaman di era sekarang telah mencarai era moderism. Hal ini ditandai dengan masyarakat yang menggunakan jaringan internet untuk melakukan kegiatannya, mulai dari mencari informasi, transaksi, pesan makanan, reservasi hotel, belanja online, dan lain-lain. Hal ini mendorong developer IT untuk mengembangkan platform yang memudahkan penggunanya dalam kegiatan ekonomi, salah satunya Tokopedia. Selaku salah satu developer IT, Tokopedia melihat peluang untuk menjembatani antara pembeli dan pedagang. Tetapi menurut survey Iprice dan rating Appstore.com menunjukan Tokopedia belum mampu bersaing dengan para kompetitornya. Ini dikarenakan ada factor yang membuat Tokopedia ini kurang diminati. Diduga factor tersebut adalah social media marketing, e-harga dan e-keberagaman produk.
Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh social media marketing, e-harga dan e-keberagaman produk terhadap e-keputusan menggunakan aplikasi Tokopedia di Kota Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian explanatory research, yaitu penelitian akan dijelaskan hubungan setiap variabelnya yangdilakukan uji coba pada rumusan hipotesisnya. Dan mengambil 100 orang responden yang telah menggunakan Tokopedia di kota Semarang dengan rentan umur 20-50 tahun. Data yang dikumpulkan menggunakan metode penyebaran angket secara offline dan online. Uji yang dilakukan pada penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, analisis regresi sederhana dan berganda.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa social media marketing, e-harga dan e-keberagaman produk ini berpengaruh secara positif terhadap signifikan e-keputusan menggunakan. social media marketingberpengaruh sebesar 34,6%, e-harga berpengaruh sebesar 45,8% dan e-keberagaman produk berpengaruh seebsar 48,1% terhadap e-keputusan menggunakan aplikasi Tokopedia. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh kepada e-keputusan menggunakan aplikasi sebesar 60,6%. Dari hasil tersebut, disarankan kepada Tokopedia untuk memberikan social media marketing dengan konten yang menarik terkait promo dihari-hari besar yang akan datang. Lalu Tokopedia dapat mengurangi biaya admin yang terlalu tinggi sehingga e-harga barang yang dijual tidak ikut terlalu tinggi, lalu Tokopedia juga dapat berkomunikasi dengan seller untuk melengkapi varian,ukuran serta kualitas barang yang mereka jual sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi e-keputusan menggunakan aplikasi Tokopedia di Kota Semarang.

Kata kunci :social media marketing, e-harga dan e-keberagaman produk, era digital

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:19
Last Modified: 08 Jun 2023 03:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item