Search for collections on Undip Repository

INOVASI PELAYANAN LEK PAIJO DI BAPENDA KOTA SEMARANG

Sihab, Wardah Meliana (2022) INOVASI PELAYANAN LEK PAIJO DI BAPENDA KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER .pdf - Submitted Version

Download (448kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (640kB)
[img] Text
BAB II_.pdf - Submitted Version

Download (364kB)
[img] Text
BAB III_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
BAB IV_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_.pdf - Submitted Version

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN_.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)

Abstract

Keberhasilan pemerintah daerah, dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dapat dicapai melalui pelayanan prima, yang diberikan kepada masyarakat. Penyelenggaraan inovasi pelayanan Lek Paijo di Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui karakteristik inovasi pelayanan Layanan Elektronik Pajak Daerah Sistem Jaringan Online (Lek Paijo) di Bapenda Kota Semarang dan menganalisis faktor penghambat dan pendorong inovasi pelayanan. Tipe penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori karakteristik inovasi, untuk dapat mengetahui faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan inovasi. Hasil penelitian ini yaitu Inovasi Pelayanan Elektronik Pajak Daerah Sistem Jaringan Online (Lek Paijo) dapat menjawab permasalahan pada pelayanan publik, namun pada pelaksanaannya masih terdapat masalah diantaranya masyarakat tidak mengakses semua pelayanan yang ada, masih terjadinya antrian, mesin atau alat inovasi yang seringkali macet. Faktor pendorong: sarana prasarana yang disediakan berbasis teknologi, terdapat kerjasama dengan stakeholders, kemampuan sumber daya manusia pada organisasi. Faktor penghambat yaitu: sosialisasi yang dilakukan belum secara merata, tidak ada perawatan atau maintenance terhadap alat atau mesin inovasi dan unit yang disediakan minim atau terbatas, serta perilaku atau mindset masyarakat yang lebih suka membayarkan kewajibannya pada setiap waktu jatuh tempo. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah melakukan pemasangan iklan berbayar, penambahan mesin atau alat inovasi, melakukan perawatan atau maintenance secara berkala pada mesin atau alat inovasi, pemberian pesan peringatan kepada masyarakat.

Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Pelayanan Publik Pajak Daerah, dan Inovasi Pelayanan Lek Paijo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:43
Last Modified: 07 Jun 2023 03:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13296

Actions (login required)

View Item View Item